23 C
Sidoarjo
Thursday, July 25, 2024
spot_img

Forkompimda Lamongan Koordinasi Jaga Lamongan


Lamongan, Bhirawa
Forkopimda Lamongan menggelar Rapat Koordinasi bersama para stakeholder dalam rangka menyambut dan mendukung penjagaan keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) selama bulan Syura mendatang.

Bulan Syura atau 1 Muharram Tahun Baru Islam 1446 H tepatnya bakal jatuh pada tanggal 7 Juli 2024. Dengan menyusun kesiapan penjagaan kamtibmas sejak dini, dipastikan mampu mengantisipasi potensi terjadinya gangguan ketertiban.

Dalam menyambut bulan Syura, biasanya dijadikan momentum untuk pelaksanaan kegiatan keagamaan bagi umat muslim.

“Mari bersama – sama Pemkab Lamongan dan jajaran untuk bersinergi menjaga kondusifitas masyarakat selama bulan Syura,” tutur Bupati Lamongan Yuhronur Efendi saat Rakor di Aula Gadjah Mada, Kamis (20/6/2024).

“Tentu dengan Rakor ini diharapkan mampu mengantisipasi gangguan keamanan dan ketertiban,”imbuh Bupati yang akrab disapa Pak Yes.

Diterangkan oleh Kepala Kepolisian Resor (Kapolres) Lamongan AKBP Bobby Adimas Candra Putra, upaya dalam mewujudkan kesiapan pengamanan bulan Syura di wilayah Kabupaten Lamongan akan dilakukan sejak pra hingga pasca bulan Syura.

Diantaranya meningkatkan fokus sasaran kejahatan jalanan, pencurian dan kekerasan (curas), pencurian kendaraan bermotor (curanmor), penertiban atribut komunitas, penertiban minuman keras, dan penertiban kelengkapan kendaraan sesuai SOP.

“Pengamanan akan kita lakukan mulai pra hingga pasca bulan Syura. Kegiatan rutin yang biasa kami lakukan, akan lebih ditingkatkan,” terangnya.

Selanjutnya, Bobby mengajak seluruh Ketua Perguruan silat yang ada di Kabupaten Lamongan untuk menjaga bersama. Tercatat dalam enam bulan terakhir, potensi konflik sering terjadi pada perguruan silat, dan seluruhnya sudah dilakukan tindakan hukum yang berlaku.

Berita Terkait :  Rapimcab Gerindra Nganjuk Usung Gus Ibin-Mas Fajar sebagai Cabup dan Cawabup Nganjuk 2024

Pada kesempatan yang sama juga dilakukan dekralasi damai, yang disampaikan oleh Ketua IPSI Kabupaten Lamongan Debby Kurniawan.

IPSI dan anggotanya berkomitmen penindakan hukum jika ada pelanggaran kamtibmas yang dilakukan oleh perguruan silat Kabupaten Lamongan. [aha.yit.dre]

Berita Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Follow Harian Bhirawa

0FansLike
0FollowersFollow
0FollowersFollow
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Berita Terbaru