27 C
Sidoarjo
Friday, December 12, 2025
spot_img

Mahasiswa Untag Surabaya Dorong Digitalisasi UMKM Lapis Surabaya Pakde Bude Lewat Kolaborasi Lintas Mata Kuliah

Surabaya, Bhirawa
Upaya pemberdayaan UMKM dilakukan oleh mahasiswa Universitas 17 Agustus 1945 (Untag) Surabaya melalui program kolaborasi lintas mata kuliah untuk mengangkat Lapis Surabaya Pakde Bude. Melalui kerja sama antara mata kuliah Komunikasi Visual, Desain Grafis, Manajemen Public Relations, dan Periklanan, mahasiswa berhasil merumuskan strategi promosi dan branding yang lebih modern dan sesuai kebutuhan pasar saat ini.

Program ini berfokus pada peningkatan branding dan eksposur digital UMKM Lapis Surabaya Pakde Bude melalui pembuatan konten visual, desain identitas merek, hingga strategi promosi di media sosial. Kegiatan ini dilakukan sebagai bagian dari proyek akhir semester para mahasiswa lintas disiplin.

Program ini melibatkan mahasiswa empat mata kuliah utama, yaitu Komunikasi Visual, Desain Grafis, Manajemen Public Relations, dan Periklanan. Ketua tim kolaborasi, Claresta, menyampaikan bahwa kegiatan ini menjadi pengalaman langsung bagi para mahasiswa dalam menerapkan teori. “Kami ingin membuktikan secara langsung bahwa ilmu yang dipelajari di kelas bisa membawa manfaat nyata dan membantu UMKM berkembang melalui digitalisasi” ujarnya.

Salah satu poster hasil karya mahasiswa Komunikasi Visual.

Program berlangsung sepanjang semester berjalan dan mencapai tahap final pada akhir Desember 2025 saat seluruh konten dan materi promosi siap dipublikasikan. Kegiatan dilakukan di lokasi produksi UMKM Lapis Surabaya Pakde Bude di Jl. Asem Jaya V No.48, RW.52, Tembok Dukuh, Kec. Bubutan, Surabaya, Jawa Timur 60173. 

Berita Terkait :  Kelurahan Mimbaan Situbondo Optimis Rebut Juara Lomba Perpustakaan dengan Inovasi

Mahasiswa berupaya membantu UMKM menghadapi persaingan pasar digital. Dengan branding yang kuat dan tampilan visual yang menarik, UMKM dapat menjangkau konsumen lebih luas. Pemilik UMKM, Rizka Wahyu Romadhona., mengaku terbantu dengan program ini. “Selama ini kami kesulitan membuat konten dan mempromosikan produk secara online. Kehadiran teman-teman mahasiswa benar-benar membantu meningkatkan tampilan dan pemasaran kami melalui media sosial,” katanya.

Kolaborasi dilakukan dengan pembagian peran yang jelas: Komunikasi Visual memproduksi foto dan video produk bernuansa kekinian.
Desain Grafis membuat X-banner, merchandise, brosur, dan logo baru yang lebih modern.
Manajemen Public Relations merancang akun Instagram resmi, termasuk rencana unggahan dan gaya komunikasinya.
Periklanan menciptakan konsep kampanye promosi untuk meningkatkan brand awareness.

Program kolaborasi ini tidak hanya memberi dampak positif bagi UMKM Lapis Surabaya Pakde Bude, tetapi juga menjadi ruang belajar praktik bagi mahasiswa Untag Surabaya untuk mengasah kreativitas dan keterampilan profesional. Harapannya, kegiatan ini dapat menjadi model kolaborasi berkelanjutan dalam mendukung perkembangan UMKM lokal.

Tim Penulis:

  • Rivandi Septian Akbar
  • ⁠Ihwan Ferdiyanto
  • ⁠Audamar Maulana
  • ⁠M. Andrian Daffa
  • ⁠Veda Pratama
  • ⁠Irzal Yudan

Berita Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Follow Harian Bhirawa

0FansLike
0FollowersFollow
0FollowersFollow

Berita Terbaru