28 C
Sidoarjo
Sunday, October 6, 2024
spot_img

Ratusan Nelayan Situbondo Terima Bantuan Sarpras Tangkap Ikan Dari Bupati



Situbondo, Bhirawa
Bupati Situbondo Karna Suswandi secara resmi menyalurkan bantuan sarana dan prasarana ,(sarpras) alat tangkap ikan kepada ratusan nelayan yang tersebar di daerah pesisir yang ada di 13 Kecamatan se Situbondo, Selasa (24/9). Acara tersebut berlangsung di Pendapa Arya Situbondo dengan dipimpin Bupati Karna Suswandi dan didampingi Kadis Peternakan dan Perikanan Kabupaten Situbondo Achmad Djunaidi.

Menurut Bupati Karna, potensi perikanan di Kabupaten Situbondo cukup menjanjikan. Sebab, wilayahnya memiliki panjang pantai hingga 150 kilometer lebih.

“Jumlah nelayan kita juga cukup banyak. Ini menjadi wajar kalau belum seluruhnya para nelayan mendapatkan layanan yang terbaik. Terlebih kami hanya memimpin selama tiga tahun delapan bulan,” ujar mantan Kepala Dinas PUPP Kabupaten Bondowoso dan Lumajang itu.

Lebih lanjut Bupati Karna berharap, adanya berbagai bantuan sarana dan prasarana tangkap tersebut bisa bermanfaat untuk para nelayan, khususnya untuk mempermudah mereka menangkap ikan di laut.

Bupati Karna melanjutkan, jika dirinya bersama Wakil Bupati Nyai Hj Khoirani belum maksimal dan banyak kekurangan dalam menjalankan pemerintahan, terlebih lagi memperhatikan nelayan.

“Bantuan yang kami berikan ini tolong dirawat dengan baik, pergunakan untuk mencari nafkah untuk keluarga. Semoga bermanfaat ya bapak-ibu. Sampaikan salam saya kepada keluarga di rumah,” tegasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Perikanan dan Peternakan (Disnakkan) Kabupaten Situbondo, Achmad Djunaidi melalui Kabid Pemberdayaan Nelayan Roi Hidayat menjelaskan, total ada 200 cold box yang diserahkan dalam kesempatan itu.

Berita Terkait :  Buka Pelatihan Pertuni di UPT PTKS Malang, Kadinsos Jatim Dorong Partisipasi Disabilitas dalam Pembangunan Daerah

“Selain cold box, juga diserahkan sertifikat tanah atas nelayan kepada 200 orang penerima. Untuk tahun ini kami juga mengajukan kembali 100 sertifikat agar bisa keluar pada tahun 2025,” ungkap Roi.

Tidak hanya itu, Roi Hidayat menyampaikan, saat ini juga ada hibah dari provinsi berupa uang yang disalurkan secara simbolis kepada dua nelayan di Kabupaten Situbondo. “Juga ada dana hibah dari provinsi sejumlah Rp 150 juta untuk dua nelayan. Satu nelayan Arjasa dan satu orang nelayan di Demung, Besuki. Selain itu, juga ada hibah berupa pabrik es portabel dari Kementerian Kelautan untuk Desa Pesisir, Kecamatan Besuki,” pungkas PLT Sekretaris Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Situbondo itu. [awi]

Berita Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Follow Harian Bhirawa

0FansLike
0FollowersFollow
0FollowersFollow
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Berita Terbaru

spot_imgspot_imgspot_img