32 C
Sidoarjo
Friday, September 20, 2024
spot_img

UPT Dinsos Prioritaskan Kualitas Permakanan bagi PM

Pemprov Jatim, Bhirawa.
Dinas Sosial Provinsi Jawa Timur melalui Unit Pelaksana Teknis Pelayanan Sosial Tresna Werdha (UPT PSTW) Jember telah berkomitmen dalam pemenuhan kebutuhan dasar penerima manfaat (PM), salah satunya ialah aspek permakanan.

Berkaitan dengan upaya untuk memberikan pelayanan yang terbaik, UPT PSTW Jember menyediakan makanan sehari-hari bagi penerima manfaat (PM) berupa sarapan pagi, makan siang, dan makan malam, termasuk juga di antaranya makanan ringan.

Menu yang disajikan setiap hari dirancang dengan perhatian khusus dan dikonsultasikan terlebih dahulu dengan ahli gizi. Hal ini bertujuan untuk memastikan bahwa setiap hidangan tidak hanya memenuhi standar gizi yang tepat, tetapi juga sesuai dengan kebutuhan kesehatan individu PM.

Perlu diketahui, makanan ringan yang disediakan tidak hanya berupa buah-buahan segar, tetapi juga makanan yang mayoritas disukai oleh PM. Keberagaman makanan ini bertujuan untuk memberikan variasi dan kenyamanan bagi PM, sekaligus memenuhi aspek gizi dan membangun kebiasaan dan pola makan sehat bagi mereka.

Proses penyajian makanan sangat dipengaruhi oleh kondisi kesehatan masing-masing PM. Pengolah makanan di UPT PSTW Jember bekerja sama dengan tim perawat berupaya memastikan bahwa setiap jenis lauk dan menu yang disajikan sesuai dengan kebutuhan medis dan diet khusus PM.

Misalnya, PM yang memiliki kadar asam urat tinggi memerlukan perhatian ekstra dalam pemilihan makanan. Seperti contohnya terlihat pada Senin (12/8/2024), makanan seperti tempe dan tahu yang dapat memperburuk kadar asam urat digantikan dengan alternatif yang lebih sesuai.

Berita Terkait :  Eks Kantor Dinkes PPKB Kota Madiun Bakal Jadi MPP

Pada kesempatan yang sama, Kepala UPT PSTW Jember Drs Bagus Suprobo menjelaskan komitmen pihaknya dalam memastikan bahwa setiap aspek dari pelayanan permakanan memenuhi standar tinggi dan gizi seimbang.

“Kami berkomitmen untuk selalu menyediakan makanan yang layak, higienis, bersih, dan bergizi seimbang bagi PM. Ini adalah salah satu indikator keberhasilan pelayanan kami di UPT PSTW Jember,” ujarnya didampingi Kepala Seksi Pelayanan Sosial Dra Parni Rahayu.

Dengan pendekatan yang terintegrasi antara ahli gizi, perawat, dan pengolah makanan, UPT PSTW Jember tidak hanya berupaya untuk memenuhi kebutuhan permakanan PM, tetapi juga untuk memastikan bahwa setiap hidangan mendukung kesehatan dan kesejahteraan mereka secara keseluruhan.[rac.ca]

Berita Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Follow Harian Bhirawa

0FansLike
0FollowersFollow
0FollowersFollow
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Berita Terbaru

spot_imgspot_imgspot_img