27 C
Sidoarjo
Wednesday, October 16, 2024
spot_img

Pemkab Sidoarjo Persiapkan MTQ Kabupaten ke-31


Sidoarjo, Bhirawa
Tidak terasa lomba MTQ tingkat kabupaten, yang selama ini digelar oleh Pemkab Sidoarjo, pada tahun 2024 ini sudah berjalan yang ke-31.

Kegiatan setiap dua tahun sekali ini, rencananya akan digelar pada Bulan Agustus 2024. Acara pembukaannya pada 9 Agustus 2024.

“MTQ tingkat kabupaten ini sangat penting sekali, untuk kaderisasi mereka yang akan ikut MTQ di tingkat Provinsi maupun tingkat Nasional,” komentar Kepala Bagian Kesra Pemkab Sidoarjo, M. Khudori SIKom, MIKom, Selasa (25/6) kemarin.

Proses pelaksanaan MTQ tingkat kabupaten ini, para Camat di 18 kecamatan, harus segera mendaftarkan pesertanya mulai tanggal 8-17 Juli 2024 ke Bagian Kesra Pemkab Sidoarjo.

Untuk persiapan MTQ tingkat kabupaten tahun 2024 ini, Bagian Kesra saat ini sudah memasang pemberitahuan kepada umum tentang kegiatan tersebut. Dari 18 kecamatan, saat ini sudah dipasang pada 10 kecamatan.

Tempat lomba MTQ, kata Khudori, seperti tahun yang sudah-sudah, akan digelar di lokasi Pendopo delta wibawa, masjid Agung Sidoarjo, Lingkungan Setda Sidoarjo dan Kantor Kemenag Sidoarjo.

Mendekati pelaksanaan MTQ tibgkat kabupaten, para peserta yang ada di tingkat kecamatan, ia harapkan segera mempersiapkan diri.

Menurut Khudori, sejumlah resep bisa meraih menjadi juara dalam MTQ Kabupaten diantaranya, latihan yang serius dan maksimal, pihak kecamatan jauh hari sudah mempersiapkan penjaringan para peserta MTQ dan pembinaan kepada peserta MTQ tidak asal-asalan atau bonek (bondo nekat ).

Berita Terkait :  DWP Kabupaten Mojokerto Dilatih Cara Tangani Henti Jantung

“Selama ini hanya dua kecamatan saja yang selalu menjadi juara umum. Tahun 2020 Kecamatan Waru, dan tahun 2022 Kecamatan Sidoarjo,” katanya.

Dirinya ingin agar para juara umum MTQ di Kabupaten Sidoarjo bisa merata. Bisa gantian. Tidak selau hanya pada dua kecamatan itu saja.

Dirinya sempat mengevaluasi, kepesertaan dari wilayah kecamatan di pinggiran, yang dianggap sangat minim dalam mengirimkan peserta MTQ nya. Misalnya Kecamatan Balongbendo, Tarik dan Jabon.

“Mereka perlu dimotivasi, sebab peserta yang dikirim dalam MTQ Kabupaten, rata-rata hanya 12 orang saja,” katanya.

Kegiatan MTQ tingkat kabupaten ini menurut Khudori, sangat penting sekali sebagai kaderisasi tim kafilah Sidoarjo mengikuti MTQ tingkat Provinsi Jawa Timur maupun Nasional.

Perlu diketahui, selama ini kafilah Sidoarjo dalam kegiatan MTQ tingkat Provinsi Jawa Timur, posisinya kalau tidak juara umum ya menjadi runner up.

Pada tahun 2024 ini, kata Khudori, Kabupaten Sidoarjo akan mengirimkan 7 orang peserta MTQ nya, ikut dalam tim kafilah MTQ Jawa Timur menghadapi lomba MTQ tingkat Nasional di Kalimantan Timur, pada Bulan September 2024. [kus.dre]

Berita Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Follow Harian Bhirawa

0FansLike
0FollowersFollow
0FollowersFollow
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Berita Terbaru

spot_imgspot_imgspot_img