27 C
Sidoarjo
Tuesday, March 25, 2025
spot_img

KAI Commuter Wilayah 8 Luncurkan Kartu Disabilitas

Surabaya, Bhirawa
Meningkatkan layanan serta mendukung gerakan inklusi disabilitas, KAI Commuter menghadirkan “Kartu Disabilitas” di seluruh wilayah operasionalnya, termasuk di Wilayah 8 Surabaya.

Apalagi, kini Kereta Commuter Line menjadi pilihan utama transportasi bagi berbagai kalangan masyarakat. Sehingga keberadaan Kartu Disabilitas mencerminkan kenyataan bahwa, selain pengguna rutin, penyandang disabilitas juga mengandalkan Commuter Line untuk mobilitas sehari-hari.

Direktur Utama Direktur Utama KAI Commuter, Asdo Artriviyanto mengungkapkan kartu ini sekaligus berfungsi sebagai kartu identitas multifungsi yang dapat digunakan sebagai identitas penyandang disabilitas.

“Dengan adanya masukan dan saran terkait banyaknya penyandang disabilitas pengguna Commuter Line yang tidak mendapatkan prioritas karena kesulitan mengomunikasikan kondisi mereka kepada penumpang lain dan tidak terlihat secara fisik, maka KAI Commuter menghadirkan Kartu Disabilitas ini,” terangnya setelah secara simbolis meluncurkan dan mensosialisasikan fasilitas layanan tersebut di Stasiun Surabaya Gubeng pada Jumat, (14/3).

Sebelumnya, kartu ini resmi diluncurkan pertama kali pada 14 Februari 2025 di Jakarta, diikuti oleh seluruh wilayah operasional lainnya seperti Wilayah 6 Yogyakarta, Wilayah 2 Bandung, dan hari ini di Wilayah 8 Surabaya.

Asdo menambatkan dengan peluncuran Kartu Disabilitas di Wilayah 8 Surabaya, layanan khusus untuk pengguna dengan disabilitas kini dapat dinikmati di seluruh wilayah layanan operasional KAI Commuter.

Dalam acara peluncuran dan sosialisasi Kartu Disabilitas ini, Asdo Artriviyanto menyampaikan bahwa penambahan layanan ini merupakan konsistensi KAI Commuter dalam meningkatkan layanan kepada pengguna Commuter Line di Wilayah 8 Surabaya, khususnya pengguna dengan disabilitas atau yang berkebutuhan khusus.

Berita Terkait :  Mutasi Pejabat Utama di Polres Sampang, Kasatlantas dan Kapolsek

Asdo juga menjelaskan bahwa peningkatan layanan ini juga sesuai dengan Undang-Undang No. 8 Tahun 2016 Pasal 18 tentang Penyandang Disabilitas serta Standar Pelayanan Minimum (SPM) yang ditetapkan dalam Peraturan Menteri.

Pengguna disabilitas dapat memperoleh Kartu Disabilitas dengan mendaftar secara online melalui tautan https://shorturl.at/YSm6d. Setelah proses verifikasi, petugas akan menghubungi pengguna untuk proses pengambilan Kartu Disabilitas di Stasiun Surabaya Gubeng, Stasiun Sidoarjo, Stasiun Malang, Stasiun Blitar, Stasiun Kertosono, dan Stasiun Lamongan.

Sebelumnya, KAI Commuter juga telah meluncurkan layanan khusus disabilitas melalui nomor 081296605747 yang sudah ada sejak akhir tahun 2019. Dengan menghubungi nomor tersebut, pengguna dengan disabilitas dapat meminta bantuan petugas stasiun saat akan naik menggunakan Commuter Line.

Tercatat, sepanjang tahun 2024 lalu, sebanyak 883 pengguna disabilitas memanfaatkan fasilitas tersebut. Angka tersebut meningkat 19% dibandingkan tahun 2023, yang tercatat sebanyak 741 pengguna. “KAI Commuter juga mengimbau seluruh pengguna Commuter Line untuk peduli dengan memberikan kursinya kepada pengguna berkebutuhan khusus, seperti disabilitas dan penumpang prioritas lainnya,” pungkas Asdo. [riq.ca]

Berita Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Follow Harian Bhirawa

0FansLike
0FollowersFollow
0FollowersFollow

Berita Terbaru