28 C
Sidoarjo
Thursday, September 19, 2024
spot_img

Dapat Laporan Warga, UPT Dinsos Jatim Respon Cepat Seleksi Lansia Rentan

Pemprov Jatim, Bhirawa.
Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jatim melalui Unit Pelaksana Teknis Pelayanan Sosial Tresna Werdha (UPT PSTW) Bondowoso Dinas Sosial (Dinsos) Jatim melaksanakan kegiatan seleksi lansia rentan.

Kegiatan seleksi merupakan tahapan awal dalam proses pelayanan di UPT PSTW Bondowoso yang mana hal ini dilakukan untuk mengidentifikasi dan observasi tentang adanya laporan terkait dengan lansia terlantar atau Pemerlu Pelayanan Kesejahteraan Sosial (PPKS) lainnya untuk kemudian dilakukan asesmen dan identifikasi awal oleh petugas dari UPT PSTW Bondowoso.

Seleksi yang dilakukan oleh UPT PSTW Bondowoso melibatkan petugas yang diantaranya Pekerja Sosial, Tim Kesehatan, dan Pendamping lansia dari UPT PSTW Bondowoso. Kegiatan seleksi dilaksanakan berdasarkan adanya laporan dari warga Desa Kapongan dan Desa Jangkar Kabupaten Situbondo tentang adanya lansia dengan kondisi keluarga kurang mampu dan membutuhkan Tindakan pelayanan.

“Seleksi ini dilakukan atas dasar laporan dari warga Desa Kapongan dan Desa Jangkar, Situbondo yang mana terdapat dua orang lansia berjenis kelamin perempuan yang membutuhkan Tindakan pertolongan,” ungkap Pekerja Sosial UPT PSTW Bondowoso Esa Annisa DF.

Pelaksanaan Seleksi yang dilakukan mendapatkan hasil berupa identitas dua orang lansia berjenis kelamin perempuan yang mana hanya tinggal dengan keluarga jauhnya dan kurang mendapatkan perhatian. Selain itu dari segi ekonomi, lansia yang bersangkutan termasuk dalam keluarga tidak mampu dan sedang dalam proses pengajuan Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) untuk mendapatkan layanan bantuan dari pemerintah.

Berita Terkait :  Babinsa Koramil 0830/03 Pabean Cantian Evakuasi Warga Sakit

Kadinsos Jatim Restu Novi Widiani melalui Kepala UPT PSTW Bondowoso Sukur SSos MSi menyampaikan rasa prihatinnya. Dari hasil seleksi yang dilakukan oleh Tim dari UPT PSTW Bondowoso, ternyata dua orang lansia dengan kondisi yang cukup memilukan.

“Adanya info tersebut kita coba akseskan dengan berbagai bantuan sesuai kebutuhan, selain itu kita pertimbangkan untuk masuk ke dalam UPT apabila diperlukan,” ujarnya didampingi Kasi Bimbingan Sosial Didik Maryanto. [rac.ca]

Berita Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Follow Harian Bhirawa

0FansLike
0FollowersFollow
0FollowersFollow
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Berita Terbaru

spot_imgspot_imgspot_img