24 C
Sidoarjo
Thursday, September 19, 2024
spot_img

SMASA, Jadi Pusat Agen Perubahan di Situbondo


Siswa Juara Bidang Ekonomi, Siap Berlaga Dalam Lomba Ditingkat Nasional

Oleh:
Sawawi, Kabupaten Situbondo

SMASA atau lebih dikenal dengan sebutan SMA Negeri 1 Situbondo kembali meraih penghargaan bergengsi di level regional Jatim. Salah satu siswanya bernama Abdullah, Kelas XII-8, meraih juara dibidang ekonomi tingkat Provinsi Jatim dan berhak tampil di level nasional, di Jakarta, dalam waktu dekat ini.

Sekira pukul 07.00 WIB, ribuan siswa SMASA berkumpul di halaman sekolah setempat, Kamis (15/8). Termasuk seluruh guru, tenaga kependidikan ikut berkumpul bersama PLT Kepala SMASA Dwi Retno Susanti.

Yang membanggakan, Kepala Cabang Dinas Pendidikan (Kacabdindik) Provinsi Jatim Wilayah Bondowoso-Situbondo, Slamet Riyadi, sempat hadir menjadi pembina apel di sekolah kebanggaan masyarakat Situbondo tersebut.

“Saya sengaja datang pagi ini untuk memberikan support kepada siswa SMASA, terutama siswa yang meraih prestasi, bernama Abdullah,” tutur Slamet Riyadi, di hadapan siswa.

Kata Slamet, SMASA layak menyandang status pusat agen perubahan di Kota Santri Pancasila Situbondo, karena selain tercatat sebagai sekolah tertua juga dikenal banyak melahirkan siswa unggulan yang banyak mencetak entrepreneur handal di Tanah Air.

“Untuk itu saya mempersilahkan, siswa yang akan berlaga di event lomba nasional untuk naik ke atas mimbar apel. Ayo kesini bersama saya,” tegas mantan Kepala SMAN 1 Sukosari, Kabupaten Bondowoso itu.

Masih kata Slamet, dirinya akan memberikan penghargaan khusus kepada siswa berprestasi untuk terus mengukir penghargaan yang lain. Ini penting, kata Slamet, karena untuk menggugah siswa yang lain untuk ikut serta meraih prestasi dan penghargaan diberbagai kesempatan.

Berita Terkait :  Pembukaan Kejuaraan Voli 'Kapolres Mojokerto CUP' Antar SMP dan SMA/SMK/MA

“Tentunya dengan penghargaan ini, siswa siswi bisa memiliki pemikiran, temannya berhasil sukses, kenapa saya tidak bisa mengukir prestasi yang sama. Artinya ini muncul semangat baru,” tutur Slamet.

Mantan Kepala SMAN 1 Pesanggaran Banyuwangi itu berharap, kedepan setiap siswa memiliki semangat dan keinginan yang sama dalam meraih prestasi. Setiap talenta atau potensi serta prestasi yang dimiliki siswa, ungkapnya, sebagai pendidik harus memberikan apresiasi. Sehingga kedepan dengan apresiasi tersebut, ulasnya, guru dapat memberikan dorongan yang luar biasa.

“Semua siswa diharapkan akan cepat berkembang dan tumbuh lebih maju, termasuk capaian prestasinya,” ungkap Slamet.

Mantan Kepala Smadatara Banyuwangi itu memastikan, bahwa sebagai sekolah yang senior di Kabupaten Situbondo, menjadi pusat agen perubahan baik itu untuk pendidik atau peserta didik. Slamet merasa yakin, jika SMASA dikelola dengan baik dan profesional maka prestasi yang muncul akan bertambah lebih banyak.

“Inilah yang saya upayakan agar semuanya muncul dari sini. Selain itu SMASA menjadi gudangnya siswa yang berprestasi. Sekali lagi jika ini dikelola dengan baik maka. Siswa SMASA akan banyak meraih prestasi,” terang Slamet.

Untuk meraih itu semua, Slamet meminta kepada siswa lain untuk menjaga kekompakan serta semua pendidik memiliki komitmen bersama sebagai pusat agen perubahan. Harapannya, tambah Slamet, prestasi SMASA kedepan semakin meningkat.

“Bukan sebaliknya semakin turun. Sekolah yang seniornya luar biasa ini harus terus kita dukung supaya prestasi prestasi baru muncul dari sini,” tambah Slamet.

Berita Terkait :  "Kopi Sedjati" Inovasi Kopi Celub Herbal Kolaborasi Tim Dosen Ubaya dan UKWMS dari Desa Kebontunggul Mojokerto

Pria asli Banyuwangi itu kembali memaparkan, Abdullah, siswa peraih prestasi di bidang juara Geografi tersebut harus terus dibina agar saat mengikuti lomba memiliki mental yang kuat dan tangguh.

Maka dari itu, aku Slamet, dirinya perlu hadir dihadapan siswa agar yang bersangkutan memiliki kekuatan mental yang luar biasa. Sebab, urainya, memiliki kepintaran tanpa disertai dengan mental yang cukup maka akan sulit untuk bertarung.

“Karena saat mengikuti event lomba di Jakarta sudah bertemu dengan anak anak yang pintar dan bermental kuat. Makanya ini kami dorong agar tidak minder duluan,” kupas Slamet.

Terakhir, tambah Slamet, keikutsertaan serta siswa SMASA di level nasional diyakini akan meraih juara. Sebab, ujar Slamet, pendampingan yang dilakukan guru SMASA sangat luar biasa. Termasuk yang dari perwakilan siswi SMA Negeri 1 Situbondo, kemarin juga hanya kalah nilai satu angka dari pesaingnya.

“Untuk memompa semangat siswa yang sama, penghargaan siswa peraih juara FLS2N di SMAN 1 Suboh, akan juga kami pamerkan didepan siswa lainnya. Ini agar mereka memiliki keinginan yang besar untuk meraih prestasi yang sama,” pungkas Slamet.

Sementara itu PLT Kepala SMASA Situbondo, Dwi Retno Susanti, S.Pd, M.MPd menimpali, dirinya siap memberikan pendampingan dan pembinaan secara intens kepada Abdullah, kelas XII-P.8 dan

Irfan Aliefandi Nugroho XII-P.9. Untuk Abdullah, sebut Retno, akan mengikuti lomba OSN ke tingkat nasional di bidang Ekonomi dan Irfan juara harapan 2 di bidang lomba cerpen mewakili Situbondo. “Siswa yang akan berlaga di Jakarta dalam lomba bidang ekonomi tingkat nasional,” urai mantan Kepala SMAN 1 Kapongan itu. [gat]

Berita Terkait :  Karang Taruna Kalisari Peringati HUT Kemerdekaan RI ke-79

Berita Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Follow Harian Bhirawa

0FansLike
0FollowersFollow
0FollowersFollow
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Berita Terbaru

spot_imgspot_imgspot_img