32 C
Sidoarjo
Friday, September 20, 2024
spot_img

Mendorong Tumbuhnya Wirausaha Baru dan Peningkatan Perekonomian, Dosen IBM PCU Gelar Pelatihan Transformasi Digital


Surabaya, Bhirawa
IBM PCU menggelar Pengabdian Masyarakat (Abdimas) dengan memberikan pelatihan dasar bisnis kepada masyarakat di Telaga Ngebel, Ponorogo. Tim dosen IBM PCU memberikan pelatihan dasar bisnis kepada masyarakat sekitar.

Tim dosen terdiri dari Dr Ricky SE MRE EdD selaku ketua tim yang kemudian dibantu oleh beberapa dosen yakni Ruth S Tarigan SKom MBA, Adelina Proboyo SMMBA, Tessa Vanina ST MCom dan Maria Natalia Damayanti Maer SS MA PhD.

Salah satu Tim Dosen, Dr. Ricky menjelaskan, dengan Abdimas berupa pemberian pelatihan ini diharapkan dapat mendorong tumbuhnya wirausahawan baru dan meningkatkan perekonomian lokal, khususnya dengan memanfaatkan teknologi digital.

“Kami para dosen juga belajar bagaimana masyarakat mengelola hasil alam di desa masing-masing menjadi produk dengan nilai ekonomi yang tinggi,” ungkapnya.

Tim dosen PCU ini bekerja sama dengan Yayasan Bina Karya Pedesaan (YBKP), sebuah organisasi yang berfokus pada peningkatan kesejahteraan masyarakat pedesaan, khususnya di wilayah pesisir pantai selatan.

Dr Ricky juga menambahkan, yang diajarkan selama abdimas ini adalah tentang cara mengidentifikasi bisnis serta dasar-dasar pemasaran produk. Harapan kedepannya, mereka menjadi lebih efektif dalam mengelola dan mengembangkan usaha lokal sekaligus memanfaatkan sumber daya alam dengan nilai tambah yang tinggi.

Menariknya, masyarakat dikenalkan alat-alat digital marketing, sesi pemasaran melalui Instagram, dasar-dasar keamanan mengelola akun digital hingga sesi pemahaman sudut pandang pembeli live-shopping, para peserta langsung diajak praktik membuat akun Instagram bisnis, caption, hashtag, dan video reels.

Berita Terkait :  Bahas Strategi Pengentasan Kemiskinan, Kemenko PMK Gelar Seminar Nasional di Unigoro

Sementara itu, Ev Esther Purniwati dari Madiun menjelaskan mengetahui lebih banyak istilah-istilah baru, mendapatkan wawasan mendalam tentang transformasi digital, inovasi teknologi, hingga peluang bisnis. Semuanya itu memperluas pandangan saya tentang masa depan ekonomi yang semakin terhubung dan berkelanjutan. [ren.fen]

Berita Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Follow Harian Bhirawa

0FansLike
0FollowersFollow
0FollowersFollow
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Berita Terbaru

spot_imgspot_imgspot_img