32 C
Sidoarjo
Friday, September 20, 2024
spot_img

CBP Championship Sarana Kampanye CBP Rupiah

Kota Malang, Bhirawa.
CBP Championship 2024, yang digelar Kantor Perwakilan (KPw) Bank Indonesia (BI) Malang, Sebagai ajang kampanye Cinta, Bangga dan Paham Rupiah, bagi generasi muda. Z. Febrina Kepala KPw BI Malang, mengemukakan BI, sudah membuat asesmen proyeksi, untuk membuat perkiraan penggunaan pembayaran tunai, yang semakin lama akan semakin menurun.

Untuk itu, sambung Febrina perlunya dilakukan sosialisasi kepada masyarakat, tentang penggunaan non tunai. Yang menjadi bagian dari CBP adalah bagaimana menggunakan tunai dan non tunai. Menurut Ina, CBP Championship merupakan sinergi antar unit yang ada di BI, terutama untuk memperkenalkan cinta, bangga dan paham terhadap rupiah.

“Cinta pada rupiah, menggunakannya dengan baik. Tentu nantinya bisa paham dan tahu fungsinya untuk perekonomian seperti apa,” tuturnya, di salah satu pusat perbelanjaan di Kota Malang Minggu malam (28/7) kemarin.

Bersamaan dengan even tersebut BI Malang, juga memamerkan koleksi uang rupiah dari masa ke masa. “Teman-teman dari Pejuang Rupiah BI, juga memberikan informasi yang banyak terkait rupiah. Bahkan juga dipamerkan limbah uang, yang mungkin belum ada sebelum-sebelumnya,” tuturnya.

CBP Championship juga diwarnai dengan tebak koin. Agar masyarakat bisa mengetahui uang pecahan kecil atau koin. “Mungkin kita sudah tidak lagi ingat atau tahu pecahan-pecahan lama. Seperti yang bergambar sawit dengan nominal seribu, yang penggunaannya sudah dicabut. Jadi pada prinsipnya, tebak koin itu untuk mengenalkan lagi pecahan kecil yang masih berlaku. Meski trennya sudah menurun,” ujarnya.

Berita Terkait :  Jalin Silaturahmi dan Kerjasama, Kepala BLK Mojokerto Disnakertrans Jatim Kunjungi Pj Wali Kota Mojokerto

KPw BI Malang, dalam momen CBP Championship itu, juga melibatkan siswa, guru dan mahasiswa yang ada di Malang Raya dan sekitarnya. Lewat rangkaian acara seperti Games Rangking I, story telling untuk SMP, duta CBP Rupiah untuk Guru dan duta CBP Rupiah untuk mahasiswa. Diharapkan bisa menularkan semangat untuk berprestasi kepada siswa atau mahasiswa dan guru.

Dengan mengikuti even ini, bisa menjadi catatan prestasi. Untuk guru di jenjang karier, sedangkan untuk siswa ke jenjang berikutnya. Selain tentunya untuk meningkatkan nasionalisme dan juga kebanggaan terhadap rupiah. Selain itu, tambah Ina, CBP Championship ini, merupakan rangkaian kegiatan road to Festival Ekonomi Keuangan Digital Indonesia.

Selebrasi tingkat nasional, akan digelar pada 17 Agustus 2024 mendatang. Disebutkan dia sasaran kegiatan ini ditujukan untuk kalangan muda. Meski sebenarnya juga untuk seluruh kalangan. Tetapi terutama kalangan muda, pelajar, mahasiswa dan guru.[mut.ca]

Berita Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Follow Harian Bhirawa

0FansLike
0FollowersFollow
0FollowersFollow
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Berita Terbaru

spot_imgspot_imgspot_img