29 C
Sidoarjo
Friday, September 20, 2024
spot_img

Pemkab Madiun Beri Bantuan Booth Container kepada UMKM

Kabupaten Madiun, Bhirawa
Pemerintah Kabupaten Madiun melalui Dinas Perdagangan, Koperasi, dan Usaha Mikro (Disperdagkop) terus memberikan dukungan kepada pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Kabupaten Madiun.

Sebanyak 46 pelaku usaha mikro dari lima kecamatan menerima bantuan hibah berupa booth container yang diserahkan langsung oleh Pj Bupati Madiun, Ir. H. Tontro Pahlawanto, di halaman Disperdagkop Kabupaten Madiun pada Jumat (19/7).

Pemberian bantuan booth container ini bertujuan untuk mendorong pertumbuhan ekonomi di desa-desa sekaligus mempererat kerjasama antar pelaku usaha UMKM di Kabupaten Madiun. Anggaran untuk program ini berasal dari Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBHCHT) tahun 2024, dengan total 114 booth container yang akan dibagikan dalam tiga tahap.

Tahap pertama mencakup 9 desa dari 10 kelompok di 5 kecamatan, tahap kedua melibatkan 11 desa dari 11 kelompok di 5 kecamatan, dan tahap ketiga mencakup 5 desa dari 5 kelompok di 5 kecamatan. Program ini merupakan tindak lanjut dari usulan yang diajukan oleh desa-desa setempat.

Dalam sambutannya, Pj Bupati Madiun, Ir. Tontro Pahlawanto, minta para UMKM penerima bantuan untuk merawat booth container dengan baik dan juga dapat membantu Pemerintah dalam pemberantasan rokok Ilegal. “Tolong dijaga dengan baik karena citra dagangan panjenengan itu tergantung panjenengan sendiri, pemda hanya mendorong agar kualitas semua semakin baik dan tolong juga tidak menjual rokok ilegal,”kata Pj. Bupati Madiun.

Berita Terkait :  Kapendam V/Brawijaya Tegaskan Netralitas TNI bagi Prajurit

Kepala Bidang Pengelolaan Pasar Disperdagkop Kabupaten Madiun, Erni Supriani menjelaskan pada tahap pertama ini ada 46 booth container yang dibagikan kepada kelompok-kelompok UMKM di desa yang memiliki embrio daerah wisata dan embrio UMKM. “Untuk proses pemantauan nanti setelah 1 bulan dari perolehan ini, kita pantau dan kita monitoring apakah dipergunakan sebagaimana mestinya,” ungkapnya.

Suyati, salah satu penerima bantuan booth container dari Desa Cermo, Kecamatan Kare, merasa senang dengan bantuan tersebut. Dirinya yang sehari-hari berjualan di Wisata Sabin Tumpuk Desa Cermo menyediakan beberapa menu makanan dan minuman. “Mudah-mudahan jualan saya lancar dan mendapatkan sumbangan lagi buat modal,” katanya berharap.[dar.ca]

Berita Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Follow Harian Bhirawa

0FansLike
0FollowersFollow
0FollowersFollow
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Berita Terbaru

spot_imgspot_imgspot_img