25 C
Sidoarjo
Sunday, July 14, 2024
spot_img

Populasi Kambing dan Domba Tembus 164.883 Ekor di Kabupaten Lamongan

Lamongan, Bhirawa
Sektor peternakan di Kab. Lamongan terus dipacu untuk menjadi unggulan. Itu dilakukan agar mampu tumbuh seiring bersama sektor tanaman pangan maupun perikanan. Saat ini, Populasi kambing dan domba di Lamongan saat ini sebanyak 164.883 ekor dengan rincian kambing 94.635 ekor, dan domba 70.248 ekor.

Dari data Dinas terkait tercatat, Selama masa hari raya idul adha 1445 hijriah atau hari raya kurban tahun 2024 kemarin, penjualan hewan ternak di lapak maupun kandang wilayah Kabupaten Lamongan telah laku sebanyak 9.181.

Lakunya hewan peteranakan di Lamongan pada hari raya kemarin antara lain jenis sapi 3.033, kambing 2.584, dan domba 3.564. Nilai transaksi yang dilakukan sebanyak Rp 91,7 milyar. Sedangkan hewan yang disembelih/ kurbankan oleh masyarakat Lamongan sebanyak 26.572 dengan rincian sapi 5.197, kambing 14.435, dan domba 6.940. Nilai transaksi yang dihasilkan setara dengan Rp 194,8 milyar.

Melihat potensi itu, Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Lamongan Shofiah Nurhayati akan menggelar kontes hewan ternak kambing dan domba.

Pada kontes tersebut akan menjadi ajang promosi potensi peternakan di wilayah Lamongan. “Supaya masyarakat luas mengetahui bahwa Lamongan memiliki potensi ternak kambing dan domba yang besar dengan ditetapkannya Desa Tunggul sebagai kawasan sentra ternak kambing dan domba di Kabupaten Lamongan, sehingga dapat berdampak pada peningkatan populasi ternak, nilai tambah produksi ternak, dan nilai tukar peternak juga meningkat,” ujarnya, Rabu (3/7).

Berita Terkait :  Polres Situbondo Berhasil Ungkap dengan Cepat Kasus Curanmor

Shofi membeberkan, selama proses seleksi nanti akan dilakukan oleh Tim Juri yang berasal dari Komisi Dewan Juri HPDKI Pusat dan Jatim dengan standar penilaian yang sudah baku.

Kontes hewan ternak domba dan kambing rencananya akan digelar pada 21 juli 2024 mendatang. Kontes itu juga diyakini sebagai wadah bagi para peternak untuk memantik semangat menghasilkan hewan yang berkualitas dan unggul.

Event tersebut bakal digelar di Lapangan Sentra Ternak Desa Tunggul, Kecamatan Paciran, Kabupaten Lamongan. Merupakan hasil kolaborasi bersama HPDKI (Himpunan Peternak Domba dan Kambing Indonesia) Cabang Lamongan.

Kontes yang ditunggu-tunggu oleh para peternak kambing dan domba se-Kabupaten Lamongan akan merebutkan hadiah dengan total puluhan juta Rupiah.

“Ayo para peternak di wilayah Lamongan dan sekitarnya untuk hadir dan mengikuti kontes ternak kambing dan domba tanggal 21 juli 2024, hari minggu pukul 08.00 wib di Lapangan Sentra Ternak Desa Tunggul Kecamatan Paciran Kabupaten Lamongan, dengan total hadiah 36 juta dan Piala Bupati Cup,” ajak Bupati Lamongan Yuhronur Efendi.

Terdapat 12 kategori yang akan dilombakan dengan kategori domba jantan extreem, domba betina extrem, kambing jantan dan kambing betina dengan kelas A, B, C, D dan E (kelas berdasarkan usia).[aha.yit.ca]

Berita Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Follow Harian Bhirawa

0FansLike
0FollowersFollow
0FollowersFollow
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Berita Terbaru