Surabaya, Bhirawa
Dosen Universitas 17 Agustus 1945 (untag) Surabaya dari program studi Psikologi yaitu Inka Sukma Melati, S.Psi., M.Psi dan Sayidah Aulia Ul Haque, M.Psi, Psikolog serta dari program studi Sistem Teknologi & Informasi yaitu Luvia Friska Narulita, S.T., M.T melaksanakan kegiatan pengabdian masyarakat bersama dengan Dinas Pendidikan Kota Surabaya bidang PAUD dengan mengusung tema “Implementasi Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Digital dalam Menstimulasi Perkembangan Emosi Anak Usia Dini”.
Kegiatan pengabdian masyarakat ini menciptakan dan menerapkan media pembelajaran interaktif berbasis digital yaitu berupa film animasi dan peta emosi. Metode pelaksanaan pengabdian masyarakat ini dengan membuat pelatihan yang ditujukan pada kepala sekolah dan guru TK seluruh kota Surabaya.
Kegiatan pelatihan ini diadakan selama dua hari yaitu di hari Sabtu, 17 Mei 2025 dan Sabtu, 24 Mei 2025. Penerapan teknologi dan inovasi dilakukan dengan kegiatan seminar.
Penerapan hari pertama diadakan secara luring / offline di Auditorium Lantai 6 Untag Surabaya dan dihadiri oleh 135 lebih kepala sekolah TK di Kota Surabaya. Seminar ini dilaksanakan dengan beberapa susunan acara diantaranya sambutan dari Ketua LPPM Untag Surabaya kemudian sambutan dari Perwakilan Dinas Pendidikan Kota Surabaya yaitu Ketua Tim Kerja Kurikulum PAUD serta sambutan dari Kepala Laboratorium Psikologi Pendidikan Fakultas Psikologi Untag Surabaya.
Pelatihan kedua diadakan pada tanggal 24 Mei 2025 secara daring atau online pada pukul 09.00 WIB. Peserta yang hadir pada pelatihan kedua ini sebanyak 300 lebih guru-guru TK di Kota Surabaya.
Inka Sukma Melati, S.Psi., M.Psi selaku Ketua Pengabdian Masyarakat menyatakan pentingnya media pembelajaran berbasis digital dalam stimulasi perkembangan emosi anak usia dini sebagai upaya peningkatan regulasi emosi anak usia dini diantaranya mengenal, mengelola dan mengatasi emosi yang dialami oleh anak. Hilda Indri Azalea, S.IP dari Dinas Pendidikan Kota Surabaya Bidang PAUD dan PNF menyampaikan bahwa kegiatan ini juga sangat diterima baik oleh Dinas Pendidikan Bidang PAUD Kota Surabaya untuk meningkatkan ketrampilan dan pengetahuan bagi Kepala Sekolah dan guru-guru PAUD di Kota Surabaya dan berharap kegiatan ini akan bekerlanjutan. Kebermanfaatan dalam kegiatan pelatihan ini berdasarkan hasil pretest dan posttest juga tergolong tinggi dan sangat efektif dalam memberikan wawasan dan ketrampilan dalam regulasi emosi anak usia dini.
Sebagai bagian dari kegiatan pengabdian masyarakat ini, tim dosen Untag Surabaya turut menciptakan media pembelajaran digital berupa video animasi berjudul “Raka dan Bola Kesayangan: Pesan dari Ibu Harimau Pengelolaan Emosi”. Video ini dirancang untuk membantu menstimulasi perkembangan emosi anak usia dini secara menyenangkan dan edukatif.
Proses produksi dimulai dari pembuatan sketsa karakter menggunakan aplikasi Figma, dilanjutkan dengan penyusunan elemen latar melalui aplikasi Canva, serta penggabungan visual dan narasi dilakukan dengan bantuan aplikasi CapCut. Pada penyusunan script, semua anggota tim melakukan diskusi serta melakukan evaluasi untuk merancang materi sesuai dengan urutan yang harus ditampilkan dalam stimulasi pembelajaran, agar pesan edukatif yang disampaikan dapat tersusun secara sistematis dan mudah dipahami oleh anak.
Pengisian suara (dubbing) dilakukan dalam tiga kali pertemuan, melibatkan dua mahasiswa Fakultas Psikologi dan satu mahasiswa Program Studi Sistem dan Teknologi Informasi. Ketiga mahasiswa tersebut memiliki peran masing-masing dalam pengisian suara, yaitu Dwi Hendra Rosli sebagai Raka, I Putu Wisnu Wicaksono sebagai Tama, dan Ayu Nur Azizah sebagai Ibu. Masing-masing menyuarakan karakter dengan ekspresi yang sesuai, menarik, dan mudah dipahami anak-anak. Dengan demikian, media animasi ini menjadi salah satu sarana pendukung utama dalam pelatihan guru PAUD agar lebih siap dalam mengenalkan dan mengajarkan regulasi emosi kepada anak melalui pendekatan digital yang interaktif dan kontekstual.
Sebagai bagian dari penyusunan materi pembelajaran, tim juga mengembangkan peta emosi yang berfungsi sebagai panduan visual dalam menggambarkan ragam emosi yang dialami oleh anak-anak, termasuk emosi marah. Peta emosi ini disusun berdasarkan referensi dari literatur psikologi perkembangan dan jurnal-jurnal terkini mengenai pengelolaan emosi pada anak usia dini.
Tujuan dari peta emosi ini adalah untuk memetakan tahapan-tahapan munculnya emosi, penyebab potensial, ekspresi yang terlihat, serta strategi regulasi yang sesuai dengan usia anak. Peta emosi ini tidak hanya digunakan sebagai acuan dalam penyusunan alur cerita animasi, tetapi juga dijadikan materi tambahan dalam pelatihan guru PAUD. Dengan adanya peta ini, guru diharapkan dapat lebih mudah mengenalkan dan menjelaskan jenis-jenis emosi kepada anak-anak melalui pendekatan visual yang konkret dan mudah dipahami. Selain itu, peta emosi juga berfungsi sebagai alat bantu refleksi dan evaluasi bagi guru untuk mengidentifikasi respons emosional anak dalam pengimplementasikan emosi marah. [why]


