30 C
Sidoarjo
Tuesday, October 15, 2024
spot_img

Produk UMKM Kota Batu Tembus Ekspor Meksiko


Kota Batu, Bhirawa
Kota Batu adalah sebuah Kota Wisata yang memiliki berbagai potensi UMKM berdaya saing tinggi. Dengan pengelolaan yang baik dan profesional, produk- produk tersebut bisa menjadi produk yang diandalkan dan dipasarkan di level internasional.

Salah satunya adalah produj kotak ikan berbahan dasar plastik dan kayu yang telah mampu menembus pasar ekspor Meksiko.

Penjabat (Pj) Wali kota Batu, Aries Agung Paewai mengatakan bahwa kotak ikan berbahan plastik dan kayu ini diproduksi oleh pelaku UMKM yang ada di di Rest Area Ken Dedes, Kota Batu. Dengan adanya UMKM yang mampu menembus dunia internasional ini akan membuat Kota Batu tetap berdikari di mata dunia.

“Selain sektor pariwisata dan ekonomi kreatif, saya menekankan pentingnya mengembangkan sektor pertanian dan UMKM. Produk pertanian kita, seperti apel, memiliki kualitas yang sangat baik dan berpotensi untuk dipasarkan ke pasar internasional,” ujar Aries AP, Selasa (15/10).

Pj Wali kota mengaku sangat bangga karena ada masyarakat Kota Batu yang telah berjuang untuk meningkatkan level UMKM Kota Batu ke kancah internasional.

Diketahui, produk UMKM dari Rest Area Ken Dedes, Kecamatan Junrejo, Kota Batu ini telah dikirimkan sebagai ekspor ke Meksiko. Produk ekspor tersebut berupa kotak ikan berbahan dasar plastik dan kayu yang dibuat oleh tangan- tangan kreatif pelaku UMKM di Kota Batu.

Berita Terkait :  Mampu Giling 7000 Ton Perhari, PG Gempolkerep Tetap Eksis Sejak 1849

Pada Senin (14/10), sebanyak 1 kontainer 40feet dengan berat 8.196 kg produk kotak ikan ini telah diberangkatkan ke Meksiko. Komoditi ini diproduksi oleh CV Delta Raya dengan nilai devisa sejumlah $5.8407,20.

“Dengan adanya ekspor produk UMKM ini menunjukkan adanya peningkatan kualitas yang sangat baik. Dan ini merupakan potensi besar bagi UMKM Kota Batu dalam mendorong perekonomian daerah,” jelas Aries AP. Iapun memberikan apresiasi yang tinggi kepada Owner CV Delta Raya, Suprianto.

Seiring keberhasilan mengembangkan produk UMKM ini, Pj walikota berpesan agar Supriyanto tidak berhenti berinovasi. Selain itu pengembangan CV Delta Raya juga harus terus dilakukan untuk memperluas pasar di kancah internasional.

“Kolaborasi dengan bea cukai merupakan langkah yang sangat tepat. Saya berharap CV Delta Raya dapat menjadi contoh bagi UMKM lainnya di Kota Batu untuk terus berkembang dan berkontribusi bagi perekonomian daerah,” tandasAries. [nas.gat]

Berita Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Follow Harian Bhirawa

0FansLike
0FollowersFollow
0FollowersFollow
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Berita Terbaru

spot_imgspot_imgspot_img