29 C
Sidoarjo
Sunday, October 13, 2024
spot_img

Pjs Bupati Sidoarjo Isa Anshori jadi Inspektur Upacara Peringatan HUT Ke 79 Provinsi Jawa Timur

Sidoarjo, Bhirawa.
Pjs Bupati Sidoarjo, Dr Ir Muhammad Isa Anshori ATD MT, menjadi inspektur upacara dalam peringatan Hari Jadi Ke-79, Provinsi Jawa Timur 2024, di alun-alun Kabupaten Sidoarjo, Sabtu (12/10) pagi akhir pekan lalu, dengan tema “Jawa Timur Bersatu, Bersama Untuk Maju” .

Dalam sambutan Pj Gubernur Jatim, Adhy Karyono, yang dibacakan oleh PJs Bupati Sidoarjo M. Isa Anshori, Pemprov Jatim dalam usianya yang ke 79 saat ini, telah mengalami keberhasilan pembangunan pada berbagai bidang.

Salah satu diantaranya, Provinsi Jawa Timur mampu menaikkan derajat warganya dengan menurunkan angka kemiskinan hingga mampu mencatatkan sejarah Nasional mencapai satu digit, yakni sebesar 9,79% per Maret 2024.

Bahkan untuk Kemiskinan Ekstrem, turun signifikan dari 4,40% pada tahun 2020, menjadi 0,66% per Maret 2024.

“Kita semua perlu bangga, karena Provinsi Jawa Timur juga menjadi penyumbang penurunan penduduk miskin tertinggi secara Nasional sebesar 206,102 jiwa dan berkontribusi sebesar 30,34% terhadap penurunan kemiskinan Nasional,” ucap PJs. Bupati Sidoarjo membacakan sambutan Pj. Gubernur Jawa Timur.

Provinsi Jawa Timur, juga membuktikan sebagai pusatnya Desa Mandiri. Berdasarkan data Indeks Desa Membangun Tahun 2024, jumlah Desa Mandiri di Jawa Timur melesat mencapai 4.019 desa dan tetap yang terbanyak di Indonesia. Yang mana, dari tahun 2023 ke Tahun 2024 naik 1.219 desa mandiri atau meningkat 43,54%.

Berita Terkait :  Smartfren Sukses Atasi Peretasan Top-Up Pulsa Ilegal

“Ini adalah capaian yang sangat luar biasa, yang merupakan hasil kerja bersama dari para Kepala Desa, Camat, Bupati, serta pendamping desa di Jawa Timur,” kata Isa, yang membacakan sambutan dari Pj Gubernur, Jawa Timur, Adhy Karyono itu.

Dari aspek pembangunan sumber daya manusia, Provinsi Jawa Timur juga terus menunjukkan kinerja yang positif. Terbukti dari capaian IPM di Jawa Timur sejak tahun 2020 konsisten di atas rata-rata Nasional. Pada tahun 2023 lalu, IPM Provinsi Jatim mencapai angka 74,65 poin dengan kategori tinggi.

Hal tersebut, seiring dengan pertumbuhan ekonomi di Jawa Timur yang impresif. Pada triwulan II 2024 Ekonomi Jawa Timur tumbuh positif sebesar 4,98% secara Year on Year.

Capaian itu, bahkan mencatatkan Jawa Timur sebagai provinsi dengan pertumbuhan ekonomi tertinggi se-Pulau Jawa. Realisasi investasi di Jawa Timur pada Triwulan II tahun 2024 juga meningkat signifikan sebesar 14,3% secara Year on Year dan menjadi salah satu yang tertinggi di Indonesia.

Di akhir upacara peringatan HUT Provinsi Jawa Timur ke 79 itu, Pjs Bupati Sidoarjo, M.Isa Anshori, menyerahkan penghargaan kepada pemenang peserta lomba Gerakan Bersih “Geber” Sidoarjo dan lomba Video Reels “Geber” Gerakan Bersih Sidoarjo yang berlangsung pada tanggal 4-10 Oktober 2024 untuk Kategori OPD dan Masyarakat Umum.

Pjs Bupati Sidoarjo, M.Isa Anshori, didampingi Sekdakab Sidoarjo, bersama anggota Forkompimda Sidoarjo, usai melaksanakan upacara peringatan HUT Provinsi Jawa Timur ke 79.

Untuk Kategori OPD dan Masyarakat Umum, pemenangnya :

  1. Polresta Sidoarjo (Terbaik 1)
  2. RSUD Notopuro (Terbaik 2)
  3. Dinas Pu Bina Marga Sidoarjo (Terbaik 3)-
Berita Terkait :  Hadiri Pelantikan Pengurus PAC dan Ranting, Khofifah Dorong Muslimat NU Ambil Peran Wujudkan Zero Stunting dan Zero Kemiskinan Ekstrim di Kota Pasuruan

Lomba Video Reels “Geber” Sidoarjo Kategori OPD. Pemenangnya :

  1. Sekretariat Kabupaten Sidoarjo (Terbaik 1)
  2. Bank Jatim Sidoarjo (Terbaik 2)
  3. Polresta Sidoarjo (Terbaik 3)- Lomba

Video Reels “Geber” Sidoarjo, kategori Masyarakat Umum. Pemenangnya:

  1. Wawan (Juara 1)
  2. Yusuf Kurniawan Hadi (Juara 2)
  3. Deliana (Juara 3)
  4. SDN Kedungpeluk I (Juara Favorit)

Usai penyerahan penghargaan, Pjs. Bupati Sidoarjo Muhammad Isa Anshori menyaksikan dan mengikuti Upacara Peringatan Hari Jadi ke-79 Provinsi Jawa Timur yang disiarkan langsung melalui YouTube dari halaman Gedung Negara Grahadi Surabaya di Pendopo Delta Wibawa. [kus.adv]

Berita Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Follow Harian Bhirawa

0FansLike
0FollowersFollow
0FollowersFollow
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Berita Terbaru

spot_imgspot_imgspot_img