28 C
Sidoarjo
Thursday, September 19, 2024
spot_img

Satpol PP Gelar Festival Kopi dan Tembakau, Kopi Berkualitas Ekspor, Ada Transaksi Tembakau dari Malang

Bupati Karna Suswandi didampingi jajaran Forkopimda dan pimpinan OPD saat meninjau salah STAN peserta festival kopi tembakau di alun-alun kota Rabu malam (18/9). Foto: sawawi/bhirawa.

Situbondo, Bhirawa
Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Situbondo melalui Satpol PP menggelar event Festival Kopi dan Tembakau selama dua hari, mulai Rabu hingga Kamis, 18-19 September 2024. Acara tersebut berlangsung di Alun-Alun Kota Situbondo.

Festival kopi tembakau yang rutin diadakan setiap tahun itu menghadirkan peserta dari berbagai daerah penghasil kopi unggulan di Tanah Air. Ada dari Malang, Jember, Bondowoso, Banyuwangi dan beberapa daerah tapal kuda lain di Provinsi Jatim. “Alhamdulillah tadi sudah ada transaksi pembeli tembakau dari Kota Malang. Ini sangat potensial sekali,” ujar Bupati Karna mengawali sambutannya.

Mantan Kadis PUPP Kabupaten Bondowoso dan Lumajang itu menambahkan, kualitas kopi Situbondo mampu bersaing tidak hanya di tataran nasional semata, tetapi sudah bersaing di tataran pasar dunia. “Apalagi kopi produksi Situbondo ini sudah masuk kelas ekspor. Untuk itu saya meminta untuk selalu menjaga kualitasnya,” papar Bupati Karna Suswandi.

Masih kata Bupati Karna Suswandi, dari tahun ke tahun produksi kopi Situbondo terus mengalami pertumbuhan yang bagus dan signifikan, termasuk harga tembakau juga bagus sehingga para petani dua komoditas ini banyak menikmati keuntungan. “Sehingga kedepan bisa menumbuhkan persaingan dengan baik. Kemarin juga ada transaksi tembakau di Besuki. Mudah mudahan Kecamatan lain penghasil tembakau di Situbondo mengalami hal yang sama,” harap Bupati Karna.

Berita Terkait :  Satu Orang Rata-rata Konsumsi 42,58 Kilo Ikan Dalam Setahun

Terakhir, imbuh mantan PLT Bupati Bondowoso itu, pihaknya mengaku komiditas packing kopi di stand festival kopi tembakau saat ini bisa tumbuh dengan baik dan bisa bersaing dengan daerah penghasil kopi daerah lain. “Dengan demikian penghasilan petani kopi dan tembakau di Situbondo terus mengalami kemajuan yang pesat,” pungkas Bupati Karna.

Sementara itu, Kepala Satpol PP Situbondo Sopan Effendi menyampaikan konsep kegiatan festival kopi dan tembakau tahun 2024 tidak jauh berbeda dengan konsep tahun sebelumnya.

“Dalam festival kopi dan tembakau ini kita mengundang para buyer dari Situbondo, Malang, dan Jember. Kemudian juga ada petani kopi dan tembakau di Kabupaten Situbondo,” ujar mantan Camat Sumbermalang itu.

Sopan melanjutkan, tujuan dari event ini untuk mempromosikan kopi dan tembakau dari Kabupaten Situbondo ke tingkat nasional maupun internasional. “Festival kopi dan tembakau ini juga menampilkan berbagai produk Industri Kecil Menengah (IKM) dari petani kopi dan tembakau Kabupaten Situbondo dan luar Kabupaten Situbondo,” terang mantan Kepala Dinas Peternakan Kabupaten Situbondo itu.

Menurutnya, festival kopi dan tembakau ini diselenggarakan dengan menggunakan anggaran Dana Bagi Hasil Cukai dan Tembakau (DBHCHT) Pemkab Situbondo. “Festival ini merupakan bentuk sosialisasi gempur rokok ilegal di Kabupaten Situbondo,” imbuh Sopan.

Lebih jauh,l Sopan menjelaskan, dalam rangkaian festival kopi dan tembakau ini ada penampilan spesial dari bintang tamu penyanyi Gilga Sahid yang akan siap menghibur masyarakat Kabupaten Situbondo pada penutupan. “Ya ini untuk menghibur masyarakat Situbondo, kita juga menampilkan artis ibu kota Gilga Sahid,” kupas mantan Kepala Bakesbangpol Kabupaten Situbondo itu.

Berita Terkait :  Persentase Penduduk Miskin di Bojonegoro Turun 11.69 Persen

Informasi yang berhasil dihimpun Bhirawa menyebutkan, pada festival kopi dan tembakau tahun ini dihadiri beberapa buyer dari Indokom Citra Persada dari Situbondo, Perusahaan Rokok Demang Jaya, PT. Duta Family Perkasa, dan Perusahaan Rokok Gudang Marem dari Malang, PT. Mentari Bintang Jaya, PT. D.A. Sejahtera. Terakhir dikunjungi CV. Jember Tobacco International dari Jember. (awi)

Berita Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Follow Harian Bhirawa

0FansLike
0FollowersFollow
0FollowersFollow
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Berita Terbaru

spot_imgspot_imgspot_img