27 C
Sidoarjo
Friday, September 20, 2024
spot_img

Cara Dispursip Kenalkan Perpustakaan Sejak Dini Lewat Si Burhan


Peringati Hari Anak Nasional 2024
Kota Mojokerto, Bhirawa
Peringatan Hari Anak Nasional (HAN) 2024 jadi momentum Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispursip) Kota Mojokerto untuk mengajak dan mengenalkan gemar membaca kepada anak-anak. Lewat Maskot ‘Si Burhan’ sebanyak 30 anak dari usia 1 hingga 5 tahun diajak Bermain Bersama sambil mengenalkan berbagai jenis buku bacaan di Perpustakaan Umum, Kota Mojokerto, Rabu (24/7) Pagi.

Merujuk tema HAN 2024 ‘Anak Terlindungi, Indonesia Maju’ kegiatan ini diharapkan dapat menarik para ibu dan anak-anak lebih dekat dan berkunjung ke perpustakaan.

Menurut Plt Kepala Bidang Perpustakaan, Ririn Dwi Purnaningsih ST MSi, pentingnya mengenalkan perpustakan sejak dini kepada anak-anak. Sekaligus untuk mengedukasi anak anak melalui buku juga meningkatkan literasi membaca anak-anak.

“Ibu – ibu bisa meminjam buku dongeng untuk diceritakan kepada anak,” ujarnya.

Peringatan HAN yang digelar Dispursip Kota Mojokerto ini juga diisi dengan kegiatan mendongeng bersama ‘Si Burhan’, yang merupakan maskot perpustakaan berupa burung hantu.

“Maskot si Burhan ini kami hadirkan agar meningkatkan daya tarik anak-anak untuk datang ke perpustakaan, mengajak anak – anak bermain kereta – keretaan,” urainya.

Cara ini dinilai efektif untuk menarik anak-anak lebih gemar membaca melalui boneka tangan berkarakter hewan, sekaligus bisa dicontoh orang tua untuk menghadirkan gemar membaca yang menarik bagi anak.

Seperti yang di peragakan oleh Iswatul Khasanah di hadapan anak anak dalam mengenalkan nama dan suara hewan dari boneka tangannya. Dalam dongeng nya itu, Kak Iswatun mengajak anak-anak untuk menebak suara singa, hingga makanan singa dengan dikemas secara menyenangkan.

Berita Terkait :  Sebanyak 302 SISWA SD Ikuti Senam Pelajar Pancasila

Masih diacara yang sama, Iswatun mengajak para ibu -ibu yang hadir tersebut untuk mengambil buku dongen, agar langsung bisa di ceritakan kepada anak anaknya.”Hebatnya setelah di bacakan dongeng anak anak dengan semangat mengembalikan buku ke raknya,” terangnya. [oky.fen]

Berita Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Follow Harian Bhirawa

0FansLike
0FollowersFollow
0FollowersFollow
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Berita Terbaru

spot_imgspot_imgspot_img