27 C
Sidoarjo
Saturday, July 13, 2024
spot_img

Pemkot Surabaya Bakal Buat Jalur Alternatif dari PBI ke GBT


Surabaya, Bhirawa.
Untuk memecah kepadatan lalu lintas yang ada di Pondok Benowo Indah (PBI) menuju Gelora Bung Tomo (GBT), Pemkot Surabaya melalui Dinas Sumber Daya Air dan Bina Marga (DSDABM) tahun depan akan membuat jalur alternatif dari Pondok Benowo Indah menuju Gelora Bung Tomo sepanjang 1,7 kilometer.

Kabid Jalan dan Jembatan Dinas Sumber Daya Air dan Bina Marga (DSDABM) kota Surabaya, Adi Gunita mengatakan tahun depan akan dilanjutkan lagi untuk akses Tahura Pakal.

Akan tetapi nanti terkonsentrasi di akses Rusunawa Pondok Benowo Indah (PBI) ke barat menuju Tahura Pakal. Sembari nanti ada sisa 100 meteran yang belum terselesaikan, kalau dari jalan Jawar ke Tahura Pakal kurang lebih 450 meteran.

“Jadi 100 meteran yang belum selesai, secara eksibiltas jalan itu banyak alternatif, kalau ada yang ke Tahura Pakal bisa lewat jalan Jawar, bisa lewat GBT, bisa lewat Pondok Benowo Indah dan itu bisa memecah arus kemacetan, kepadatan yang sering terjadi di Pondok Benowo Indah juga,” terang Adi Gunita, Rabu (26/6/2024).

Untuk pelaksanaan pekerjaan, Adi menjelaskan, tahun depan, untuk anggaran masih berkoordinasi dengan tim anggaran mumpung masih ada pembahasan rencana anggaran tahun depan.

”Nanti kita usulkan dahulu, sembari menghitung estimasi kebutuhannya berapa yang kita anggarkan untuk tahun depan,” ujar Adi.

Masih kata Adi, intinya untuk jalur alternatif, jalur wisata serta jalur konektivitas juga, karena memang jalur di barat masih dirasa kurang.

Berita Terkait :  Polres Situbondo Berhasil Ungkap dengan Cepat Kasus Curanmor

”Kalau dari sisi melalui perumahan terus ke Gelora Bung Tomo (GBT) juga ketempat tempat wisata masih kurang. Sehingga itu terobosan dari Pemkot Surabaya rencananya melangkah kesitu,” imbuh Adi.

Saat ditanya soal bantuan anggaran dari pusat, dia memaparkan, tetap kalau misalnya pembangunan yang besar-besar kayak JLLB kita usulkan ke pusat karena sudah teramanahkan didalam peraturan presiden (Perpres) juga sebagaimana masuk dalam proyek strategis nasional (PSN).

”Kalau jalur itu jadi bisa terkoneksi dengan jalur lingkar luar barat juga, jadi semua nyambung lebih bagus secara konektivitasnya,” papar Adi.

Kalau dari rusun PBI ke Tahura Pakal kurang lebih 1,2 kilometer, kalau dari jalan Jawar ke Tahura Pakal kurang lebih 450 meteran. Dan 1,7 kilometer yang belum terselesaikan.

”Untuk sementara akses ke tahura Pakal kita bisa lewat ke akses Gelora Bung Tomo (GBT) dulu, karena itukan sudah jadi dari sisi utara. Untuk yang ke selatan belum masih menunggu arahan,” pungkasnya. [dre.hel]

Berita Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Follow Harian Bhirawa

0FansLike
0FollowersFollow
0FollowersFollow
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Berita Terbaru