28 C
Sidoarjo
Saturday, July 20, 2024
spot_img

Menteri PUPR: Aplikasikan Ilmu Pengetahuan untuk Rakyat

7.167 mahasiswa UGM dari 19 fakultas yang akan diterjunkan ke desa-desa di 124 Kabupaten/Kota pada 35 Provinsi di seluruh Indonesia.

Pembekalan 7.167 Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata UGM Yogyakarta

Yogyakarta, Bhirawa.
Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono memberikan pembekalan dan pengarahan kepada mahasiswa Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta yang akan melakukan Kuliah Kerja Nyata-Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM). Kegiatan ini diikuti 7.167 mahasiswa UGM dari 19 fakultas yang akan diterjunkan ke desa-desa di 124 Kabupaten/Kota pada 35 Provinsi di seluruh Indonesia.

Menteri Basuki mengatakan program KKN-PPM bagi mahasiswa bisa menjadi ladang pembelajaran dan pengabdian untuk mendengarkan aspirasi dan keinginan masyarakat. Melalui kegiatan ini, mahasiswa juga dapat belajar dalam mempersiapkan diri sebagai calon pemimpin bangsa di masa depan.

“Saudara sekalian harus sadar bahwa saudara adalah pemimpin bangsa pada Indonesia Emas 2045 nanti. Seperti saya 50-tahun yang lalu juga merasakan seperti saudara pembekalan KKN,” kata Menteri Basuki pada acara Pengarahan dan Penerjunan Mahasiswa KKN-PPM Universitas Gadjah Mada Periode II Tahun 2024, di Yogyakarta, Jumat (28/6/2024).

Sebagai alumni Fakultas Teknik UGM tahun 1979, Menteri Basuki berpesan, sebagai calon pemimpin, para mahasiswa harus memiliki karakter yang kuat. Menteri Basuki mencontohkan seperti Generasi Muda PUPR harus memiliki karakter kuat, berani, dan berjiwa seni.

“Kita kuat kalau kita kompeten, kita berani kalau kita berintegritas, berjiwa seni karena kita membutuhkan inovasi dan improvisasi. Dan terakhir tidak mudah menyerah menghadapi tantangan,” kata Menteri Basuki.

Berita Terkait :  Sebut Indonesia Darurat Hacker, Anggota DPD RI Terpilih Asal Jatim Ini Dorong Pentingnya RUU Pelindungan Data Pribadi

Menteri Basuki juga berpesan kepada seluruh mahasiswa untuk menjaga nama baik Universitas Gadjah Mada selama menjalankan tugas KKN-PPM. Para mahasiswa merupakan duta UGM yang memiliki tanggung jawab untuk membuktikan kompetensinya dalam pengabdian kepada masyarakat.

“KKN simbol kedekatan dengan masyarakat. Jadi tolong jaga nama baik Universitas Gadjah Mada. Ilmu pengetahuan diaplikasikan untuk rakyat,” kata Menteri Basuki.

Rektor UGM Prof. Ova Emilia mengatakan kegiatan KKN-PPM UGM dilaksakan dari tanggal 1 Juli 2024 sampai dengan 19 Agustus 2024. Untuk Angkatan II Tahun 2024 mengambil tema ‘Kedaulatan Pangan dan Penanganan Lingkungan yang Berkelanjutan dengan fokus capaian mendorong terwujudnya kemandirian pangan dan pengurangan dampak lingkungan akibat pemanasan global.

Kegiatan pembekalan tersebut juga dilakukan pemecahan rekor Museum Rekor – Dunia Indonesia (MURI) atas kegiatan minum susu terbanyak yang diikuti 11.150 orang secara bersamaan dan rekor MURI kegiatan KKN-PPM terbanyak yang tersebar di 35 provinsi di seluruh Indonesia.

Turut mendampingi Menteri Basuki, Staf Ahli Menteri Bidang Teknologi, Industri dan Lingkungan Endra S. Atmawidjaja, Direktur Sungai dan Pantai Ditjen Sumber Daya Air Dwi Purwantoro, Kepala Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Serayu Opak Gatut Bayuadjo dan Kepala Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) Jawa Tengah – DI.Yogyakarta Rien Marlia. (Ira.hel).

Facebook : Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat
Twitter : @kemenpu
Instagram : kemenpupr
Youtube : kemenpu

Berita Terkait :  Menaker Minta Mediator Tekankan Pencegahan Perselisihan Hubungan Industri

Berita Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Follow Harian Bhirawa

0FansLike
0FollowersFollow
0FollowersFollow
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Berita Terbaru