Kota Malang, Bhirawa.
Iwan Kurniawan ST, MM Pj. Wali Kota Malang, meresmikan Tempat Uji Kompetensi (TUK) di Kantor Pusat Perumda Air Minum Tugu Tirta, Selasa (3/12/) kemarin. Tak hanya menjadi satu-satunya di Kota Malang, TUK Tugu Tirta ini sekaligus menjadi pionir di tingkat provinsi Jawa Timur.
“Luar biasa! Pemerintah Kota Malang merasa bangga dan mengapresiasi Perumda Tugu Tirta. Semoga keberadaan TUK yang representatif bisa meningkatkan kinerja BUMD air minum di Jawa Timur,” terang Iwan didampingi Direktur Utama Perumda Tugu Tirta, Priyo Sudibyo, SE, S.Sos, MM.
Ke depan, pihaknya berharap kolaborasi dan sinergi dengan stakeholder air minum bisa semakin baik. “Kami siap bersinergi dengan USAID IUWASH Tangguh, Bappenas, Kementerian PUPR serta PD Perpamsi Jatim dalam upaya meningkatkan pelayanan air minum bagi masyarakat di Jawa Timur, khususnya di Kota Malang,” tandasnya.
Dalam kesempatan tersebut, hadir Ketua Tim Fasilitasi Kelembagaan dan Jejaring Kemitraan Direktorat Air Minum; Juliana Lestari, S.T., M.T, Koordinator Bidang Air Minum dan Sanitasi Direktorat Perumahan dan Kawasan Permukiman BAPPENAS; Nur Aisah Nasution serta Senior Program Management Specialist, USAID Indonesia, Trigeany Linggoatmodjo.
Turut hadir ke Kantor Pusat Tugu Tirta, Ketua PD Perpamsi Jatim; Syamsul Hadi, S.Sos, MM. Direktur Air Minum Ditjen Cipta Karya, Kementerian PUPR; Ir Anang Muchlis, Sp, PSDA memberikan sambutan melalui video teleconference.
TUK Tugu Tirta langsung menjadi lokasi ujian bagi 40 peserta Pelatihan dan Uji Kompetensi Skema Teknisi Operasi dan Pemeliharaan 7Unit Pelayanan Air Minum yang dilaksanakan pada tanggal 3-5 Desember 2024.
Fasilitas ini, sekaligus melengkapi jatidiri Perumda Tugu Tirta Kota Malang, sebagai perusahan yang berkembang dan telah berkontribusi untuk Pembangunan Kota Malang. “Kami akan terus berupaya untuk mengembangkan Tugu Tirta. Selain pelayanan kepada masyarakat, yang bisa menjangkau seluruh pelanggan di Kota Malang, dengan kualitas air baku yang baik, kami juga terus melakukan peningkatan SDM,”tukas Priyo Sudibyo.
Ia menambahkan, jika Perumda Tugu Tirta ini, terus meningkarkan layanan kepada masyarakat. Setiap ada keluhan langsung mendapatkan respon dari petugas. “Kami menyadari bahwa pelanggan merupakan prioritas kami. Karena itu mereka harus mendapatkan layanan yang optimal,”tambahnya. [mut.wwn]