34 C
Sidoarjo
Sunday, October 6, 2024
spot_img

AKD DPRD Tulungagung Pastikan Terbentuk sebelum Dewan Orientasi

Tulungagung, Bhirawa.
Ketua Sementara DPRD Tulungagung. Marsono, memastikan alat kelengkapan dewan (AKD) DPRD Tulungagung akan segera terbentuk. AKD terbentuk sebelum anggota DPRD Tulungagung melaksanakan orientasi pada tanggal 8 Oktober 2024 mendatang.

“Mungkin dua tiga hari sebelum orientasi sudah terbentuk AKD,” ujar Marsono, Selasa (1/10).

Ia memastikan rapat paripurna pembentukan AKD sudah dilakukan sebelum anggota dewan melakukan orientasi. “Sebelum orientasi AKD itu terbentuk,” tandasnya.

Diakui Marsono, saat ini sudah ada bayangan terkait pembentukan AKD. Baik itu pembentukan Komisi, Badan Musyawarah (Bamus), Badan Anggaran (Banggar), Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Bapemperda) dan lainnya.

“Sudah, kami sudah ngengkrengi. komisi begini, banggar begini, bamus begini. itu sudah,” terangnya.

Sebelumnya, Marsono juga mengungkapkan jika usulan pimpinan definitif dari PDI Perjuangan dan Partai Nasdem belum masuk ke DPRD Tulungagung. Namun demikian, ia yakin usulan dari dua partai tersebut akan masuk sebelum anggota DPRD Tulungagung melakukan orientasi.

Bahkan pimpinan sementara DPRD Tulungagung, dikatakan sudah berkirim surat ke kedua parpol itu selain juga dilakukan konsultasi secara lisan. “Semuanya sudah memahami. Semua partai terutama pimpinan partai tertinggi di Jakarta semuanya lebih memahami AD/ART partai. Yang penting tidak pada posisi melanggar limit hari yang ditentukan pada proses orientasi,” paparnya.

Soal usulan nama pimpinan dewan dari dua partai politik lainnya, yakni PKB dan Partai Gerindra, Marsono enggan menjelaskan. Meski dia sempat membenarkan nama-nama tersebut adalah Abdullah Ali Munib dari PKB dan Ebin Sunaryo dari Partai Gerindra. “Tetapi suratnya belum saya baca sih,” elaknya kemudian sembari tertawa.

Berita Terkait :  120 Anggota DPRD Jawa Timur 2024-2029 Dilantik: Siap Jalankan Amanah Rakyat

Ketika ditanya kegiatan anggota dewan selama sebulan ini sebelum terbentuk AKD, Marsono membantah mereka hanya diam saja tanpa ada kegiatan. “Sudah kerja dong. Kerjanya dewan kan beda-beda. Aspirasi yang terpenting tersampaikan, terakomodir, sesuai yang kemarin yang dijanjikan lima menit dalam TPS,” tuturnya. [wed.wwn]

Berita Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Follow Harian Bhirawa

0FansLike
0FollowersFollow
0FollowersFollow
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Berita Terbaru

spot_imgspot_imgspot_img