28 C
Sidoarjo
Thursday, September 19, 2024
spot_img

Pawai Budaya Kota Probolinggo Suguhkan Kolaborasi Budaya dan Kreativitas Seni Lokal


Pemkot Probolinggo, Bhirawa
Warga Kota Probolinggo dan para pedagang kecil telah memadati halaman Kantor Pemerintah Kota untuk melihat dan memeriahkan acara puncak Pawai Budaya Hari Jadi Kota Probolinggo yang ke – 665 sejak pukul 07.00 Sabtu Pagi (07/09).

Pada awak media, Pj Walikota Probolinggo Nurkholis mengatakan agenda ini sebagai ajang mengangkat budaya seni dan kreativitas serta hiburan tahunan yang dinanti oleh masyatakat Kota Probolinggo dan sekitarnya. Juga secara langsung membantu perputaran roda ekonomi para pedagang kecil yang turut merasakan manfaat acara ini.

“Saya sempat berkeliling sebentar melihat situasi sepanjang rute pawai, sangat terlihat antusiasme warga sekitar dan banyaknya pedagang yang sudah aktif berjualan sejak pagi tadi.” ujar Nurkholis mengungkapkan kegembiraannya, “Ini menambah warna semarak pawai budaya.” tambahnya.

Salah satu pedagang menyampaikan hal yang sama saat memberikan pendapatnya. Secara ekonomi ia sangat terbantu karena penjualannya meroket daripada hari biasanya. “Penjualan hari ini naik berkali-kali lipat, ini sangat membantu perekonomian pedagang kecil seperti saya.” Ucap pedagang kentang stick bernama Pak Mo (55).

Pawai berlangsung dari pukul 09.00 hingga 14.00 kali ini dibuka dengan megah oleh barisan Paskibraka yang memimpin rombongan pawai dibelakangnya sebanyak 29 peserta lainnya, yang terdiri dari Organisasi Perangkat Daerah (OPD), perusahaan-perusahaan daerah, hingga instansi vertikal seperti Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Berita Terkait :  Pj Gubernur Jatim Apresiasi Perolehan 15 Medali Emas Lomba LKS SMK Nasional XXXII

Para peserta kelompok menampilkan berbagai atraksi yang memukau penonton, dengan durasi 5 sampai 15 menit untuk tampil di depan Penjabat (Pj) Wali Kota Nurkholis, Forkopimda, mantan Wali Kota Habib Hadi Zainal Abidin, dan tamu undangan lainnya sebelum melanjutkan perjalanan mereka.

Nurkholis juga menjelaskan, jumlah peserta dalam pawai tahun ini dibatasi. Menurutnya, jumlah pendaftar sebenarnya sangat banyak namun karena pada Sabtu malam akan dilanjutkan acara penutupan di Alun-Alun.

“Jika dituruti, maka jumlah pendaftarnya banyak sekali,” ungkap Nurkholis sembari tersenyum.

Salah satu perwakilan dari perusahaan di Kota Probolinggo, Putra Papua Water Park yang memilih tema lingkungan dengan kostum khas papua dalam atraksinya. Semangat yang ingin disampaikan adalah kegigihan dan keberanian masyarakat Papua dalam mengatasi isu sampah dan lingkungan.

“Atraksinya adalah kolaborasi dengan tarian Papua dengan Naga dan Legenda Mak Lampir jaman dulu, merupakan hasil kreasi teman-teman sendiri,” terang Erwin Pranata yang mengaku menghabiskan waktu 1 bulan untuk menyiapkan seluruh properti pawai.

Inspektorat Kota Probolinggo yang ikut hadir menampilkan kesenian Bali yang dibawakan oleh perkumpulan ISKCON Nusantara (The International Society for Krishna Consciousness atau Masyarakat Internasional Kesadaran Krishna).

Sebagai perwakilan dari ISKCON Nusantara Komang Adi, melalui pawai budaya ini dirinya ingin mendorong Kota Probolinggo sebagai Kota Budaya dan Kota Toleransi.

“Kami ikut di festival di Kota Probolinggo sudah beberapa kali, mudah-mudahan di Kota Probolinggo ini menjadi salah satu pioneer di Indonesia sebagai kota budaya dan kota yang memupuk toleransi bagi seluruh pemeluk beragama yang berbeda beda,” terang Komang Adi.

Berita Terkait :  SIG Pamerkan Aplikasi Semen Hijau dan Solusi Beton Berkelanjutan di IKN

Nurkholis mengaku banyak menerima apresiasi dari para tamu undangan yang hadir dari daerah lain. Ia mengungkap para tamu sangat terpukau dengan kreasi yang ditampilkan para peserta pawai.

Pj Bupati Probolinggo, Ugas Irwanto yang ditemui awak media turut hadir menyampaikan apresiasi terhadap pelaksanaan Pawai Budaya tersebut. Ia berharap peringatan hari jadi ke-665 Kota Probolinggo dapat membawa berkah dan kesejahteraan bagi seluruh warganya.

“Kegiatan Pawai Budaya ini juga dapat meningkatkan persatuan dan silaturahmi. Saya apresiasi untuk kegiatan ini. Semoga sukses terus untuk Kota Probolinggo,” ungkapnya. [fir]

Berita Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Follow Harian Bhirawa

0FansLike
0FollowersFollow
0FollowersFollow
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Berita Terbaru

spot_imgspot_imgspot_img