26 C
Sidoarjo
Thursday, September 19, 2024
spot_img

Soal Lima Warga Nahdliyin Bertemu Presiden Israel, PBNU Segera Panggil Pimpinan Banom


Pasuruan, Bhirawa
Kunjungan lima orang yang mengatasnamakan pemuda NU ke Israel dan bertemu Presiden Isaac Herzog membuat Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) berang.

Sekretaris Jenderal PBNU, H Saifullah Yusuf (Gus Ipul) menegaskan bahwa kunjungan tersebut sangatlah tidak bijaksana di tengah-tengah memanasnya situasi antara Israel dan Palestina.

Karena, NU organisasi selalu berada di garis depan mengutuk agresi Israel terhadap Palestina.

“Kunjungan mereka ke Israel sangat tidak bijaksana, membingungkan serta melukai perasaan kita semua. Dan kelima orang itu tidak mendapat mandat PBNU dan tidak pernah meminta izin ke PBNU,” ujar Gus Ipul saat konferensi persnya, Rabu (17/7).

Saat ini, PBNU sedang mendalami persoalan tersebut serta secepatnya memanggil mereka untuk dimintai klarifikasi. Pemanggilan juga akan dilakukan kepada pimpinan Banom dan lembaga tempat kelima orang tersebut mengabdi.

“Yang bersangkutan akan dipanggil untuk dimintai keterangan serta penjelasan lebih dalam tentang maksud tujuannya, latar belakang dan siapa yang memberangkatkannya. Ketua umum juga akan memanggil pimpinan Banom dan lembaga yang menjadi pengabdian yang bersangkutan,” imbuh Gus Ipul.

Tak hanya itu, sanksi tegas bisa dijatuhkan bila ditemukan pelanggaran organisasi.

“Nantinya ada sanksi tegas, yakni berupa pemberhentian dari status pengurus lembaga atau banom jika ditemukan ada pelanggaran organisasi,” tegas Gus Ipul.

Sekadar diketahui, kunjungan tersebut menuai kecaman di media sosial. Karena, foto mereka bersama Presiden Israel menjadi viral dan trending topik.

Berita Terkait :  Pj Gubernur Dorong UPT PSMB-LT Disperindag Jatim Perluas Layanan Berskala Nasional

Bahkan, PBNU menegaskan tindakan lima pemuda tersebut tidak mencerminkan sikap organisasi dan tidak sejalan dengan komitmen NU untuk memperjuangkan perdamaian di Palestina. [hil.gat]

Berita Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Follow Harian Bhirawa

0FansLike
0FollowersFollow
0FollowersFollow
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Berita Terbaru

spot_imgspot_imgspot_img