25 C
Sidoarjo
Tuesday, July 16, 2024
spot_img

PKB Kota Batu Tetap Buka Pintu Koalisi



Kota Batu,Bhirawa
Pasca mendaftarkan diri sebagai bakal calon kepala daerah (bacakada) Kota Batu di DPC Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Nurrochman dan tim mulai memetakan potensi perolehan suara. Meskipun PKB bisa mengusung calon kepala daerah (cakada) sendiri atau mandiri tanpa berkoalisi, namun mereka tetap membuka pintu kerja sama politik.

Hal ini memberikan kesempatan bagi partai politik (parpol) lain untuk ikut mengantarkan Nurrochman menjadi Wali Kota Batu pada Pilkada 2024.

Diketahui, dengan perolehan 6 kursi di DPRD dalam Pileg 2024, PKB menjadi salah satu parpol yang bisa mengusung sendiri calon walikota (cawali) dalam Pilkada November mendatang. Selain PKB, juga ada PDIP yang juga bisa mengusung sendiri cawalinya di Pilkada Kota Batu 2024.

“Meskipun PKB menjadi partai pemenang Pileg (Kota Batu) dan bisa mengusung sendiri calonnya (cawali- cawawali), namun PKB tetap membuka pintu untuk berkoalisi,” ujar Cak Nur, panggilan akrab Nurrochman, Minggu (23/6).

Ia bersama DPC PKB memiliki prinsip bahwa dalam menata sebuah pemerintahan lebih baik dilakukan secara bersama. Karena hal ini bisa membuat kebijakan yang diambil pemerintah bisa lebih berwarna atau lebih baik. Dan tentunya yang bisa berkoalis dengan PKB adalah parpol yang memiliki visi misi yang sama dengan ‘Partaine Wong NU’ ini.

Cak Nur menambahkan bahwa komunikasi politik awal telah dilakukan PKB dengan 6 parpol. Di antaranya, Demokrat, Nasdem, Gerindra, PKS, PDIP, dan Golkar. “Namun yang komunikasinya masih intens dengan PKB sanpai sekarang ada PKS, Gerindera, dan Nasdem,” jelas Cak Nur.

Berita Terkait :  Optimalkan PAD, DPRD Kota Pasuruan Minta Pemkot Manfaatkan Eks Bengkok

Ia juga memiliki program besar untuk memakmurkan dan mensejahterakan rakyat Kota Wisata Batu. Dan program ini bakal direalisasikan ketika ia mendapatkan rekom dari DPP PKB untuk maju di Pilkada Kota Batu 27 November nanti.

Pada intinya,, lanjut Cak Nur, pencalonannya ini lebih pada mengamanati masyarakat mBatu untuk hal yang lebih baik. Untuk itu ia akan berupaya untuk membangkitkan partisipasi masyarakat agar lebih memiliki perhatian pada kotanya..

“Karena itu dalam Pilkada nanti masyarakat tidak hanya berperan serta mengikuti saja. Tapi lebih dari itu harus bisa serta berperan sekecil apapun untuk kesejahteraan bersama di segala bidang sehingga hasilnya bisa dirasakan bersama,” papar Cak Nur.

Diketahui, pada Jumat (21/6) Nurrochman secara resmi mendaftarkan diri menjadi bacalon Kada Kota Batu melalui di DPC PKB setempat. Pendaftarannya ini diantarkan dengan pawai Komunitas Vespa dari tempat tinggalnya di Desa Sumberejo menuju kantor DPC PKB di Jl Samadi Kota Batu.

Dikatakan Ketua Tim Panitia Penjaringan Kepala Daerah PKB Kota Batu, Asep Ghozy Sulaiman bahwa pihaknya telah menerima berkas pendaftaran Nurrochman dan dinyatakan lengkap. “Untuk itu berkas pendaftaran dari Cak Nur akan segera kita teruskan ke DPP PKB,” ujar Asep Ghozy.(nas.wwn)

Berita Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Follow Harian Bhirawa

0FansLike
0FollowersFollow
0FollowersFollow
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Berita Terbaru