28 C
Sidoarjo
Saturday, July 20, 2024
spot_img

Persiapan Pilkada Situbondo, Bawaslu Audiensi dengan Bupati


Situbondo, Bhirawa
Komisioner bersama anggota Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Situbondo melakukan pertemuan bersama Bupati Situbondo, Karna Suswandi, Jumat (21). Tujuannya untuk membahas berbagai persiapan Pemilu 2024. Ikut mendampingi Bupati diantaranya Sekda Wawan Setiawan, Kepala BKAD Sentot Sugiyono dan KTU Bawaslu Miftah.

Ketua Bawaslu Situbondo, Ahmad Farid Ma’ruf mengatakan, jajarannya juga beraudiensi dengan Bupati Karna Suswandi. “Kami audiensi dengan Bupati Situbondo dalam rangka pemenuhan komposisi kesekretariatan di Panwaslu Kecamatan. Di masing-masing kecamatan itu ada dua unsur dari tenaga PNS,” beber Farid, panggilan akrab Ahmad Farid Ma’ruf.

Farid melanjutkan, Bawaslu Situbondo sebenarnya sudah menyiapkan nama-nama PNS yang akan mengisi kesekretariatan di Panwaslu Kecamatan. “Oleh karena itu, kami ingin ini segera ditindaklanjuti oleh Bupati Situbondo untuk rekomendasi ke Bawaslu Provinsi Jawa Timur. Sehingga nanti dikeluarkan SK oleh kepala Sekretariat Bawaslu Jawa Timur,” kupas Farid. “Jika Bupati Situbondo tidak segera memberikan rekomendasi itu, maka SK kesekretariatan Panwaslu Kecamatan tidak segera keluar,” tambah Farid.

Audensi antara komisioner Bawaslu Situbondo dan Bupati Situbondo, kata Farid, juga membahas kebutuhan lima orang staf PNS di Bawaslu Situbondo selama tahapan Pilkada 2024. “Itu juga kita minta kepada Bupati Karna Suswandi,” kupas Farid.

Bawaslu Situbondo, sambung Farid, juga membahas pencairan tahap kedua dana hibah pilkada serentak 2024 dari Pemkab Situbondo ke Bawaslu Situbondo. “Karena berdasarkan surat perjanjian dana hibah kemarin itu pencairan tahap kedua adalah lima bulan setelah pencairan tahap pertama,” bebernya.

Berita Terkait :  Gus Fawait Dorong Peningkatan PAD Jember Melalui Pariwisata Pendidikan

Farid melanjutkan, proses pencairan dana hibah pilkada 2024 tahap pertama sudah dilakukan pada bulan Januari 2024 lalu. “Artinya sekarang sudah masuk pencairan tahap kedua. Totalnya kita mendapat Rp 14 miliar pencairannya hanya dua tahap. Tahap pertama kemarin kita menerima 40 persennya senilai Rp 5,6 miliar. Sisa yang 60 persen ini dicairkan di tahap kedua,” tutur Farid.

Dari hasil audensi ini, kata Farid, Bupati Karna Suswandi merespon positif poin-poin yang menjadi pembahasan. “Semuanya direspon positif. Semuanya akan ditindaklanjuti dalam waktu dekat,” pungkas Farid. [awi.wwn]

Berita Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Follow Harian Bhirawa

0FansLike
0FollowersFollow
0FollowersFollow
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Berita Terbaru