25 C
Sidoarjo
Friday, July 19, 2024
spot_img

Nelayan dan Scoteris Lamongan Dukung Yuhronur

Lamongan, bhirawa
Suhu politik di Lamongan pada Bulan Juli mulai menghangat, beberapa bakal calon bupati mulai mendapatkan dukungan dari beberapa elemen masyarakat. Bacalon juga menggelar beberapa kegiatan untuk menyapa masyarakat Lamongan.

Sebelumnya politisi muda Golkar Roro, Handoyo Nasdem dan Khusnul Yakin menggelar pertemuan politik dengan makan soto dan berlanjut menyapa warga Pantura. Setelah itu muncul dukungan Dewan Pimpinan Cabang Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) ke petahana Yuhronur Efendi.

Di Pendopo, DPC HNSI Lamongan menyatakan dukunganya dan tetap bersama Yuhronur Efendi atau yang biasa disapa Pak Yes. Kemudian dilanjutkan para scooteris (pecinta motor vespa) yang menggelar pawai bersama ratusan anggotanya menjelajahi tempat wisata yang ada di kota soto dengan start Gedung Halaman Pemkab, Minggu (30/6).

Ketua DPC HNSI Kab. Lamongan Haji Sukri mewakili nelayan pantura menyatakan dukungannya kepada Yuhronur untuk menjadi bupati pada Pilkada 2024. “Mulai hari ini kami tidak akan tolah-toleh kepada yang lain. Kami siap mendukung Pak Yes (sapaan Yuhronur Efendi) bupati dua periode,” tegasnya sembari meneriakkan yel-yel dukungan.

Hak yang sama juga ditegaskan Sekretaris DPD HNSI Provinsi Jawa Timur, Sutoyo Muslich. Dia sepakat jika DPC HNSI Lamongan mendukung bupati yang selama ini menjadi mitra terbaiknya. Ia juga mengatakan sangat mengapresiasi kolaborasi dan kerjasama HNSI dan Pemkab Lamongan. Contoh kecil, selama ini ketika ada pelantikan pengurus tidak ada yang difasilitasi dengan menempati pendopo kabupaten.

Berita Terkait :  38 Kades di Sampang akan Terima SK Perpanjangan Masa Jabatan

Demikian juga untuk pejabat yang hadir. Biasanya hanya kepala dinas atau sekretaris kabupaten. Tetapi, di Lamongan langsung dihadiri bupati sendiri. Ia menilai ini penting dan membanggakan. Karena potensi nelayan sangat Lamongan luar biasa.

Jumlah nelayan terbesar nomor tiga di Jawa Timur. Tercatat sekitar 26 ribu nelayan di sepanjang Pantura Lamongan. “Baru kali ini bupati berbaur dengan nelayan. Makanya, sing wis nyoto ayo diterusno (yang sudah nyata ayo diteruskan),”imbuhnya, disambut aplaus nelayan.

Bupati Lamongan Yuhronur Efendi mengucapakan selamat atas dikukuhkanya pengurus DPC HNSI Lamongan. Ia mengatakan akan terus berkomitmen dan terus menjaga kolaborasi dengan HNSI demi meningkatkan kesejahteraan nelayan.

Salah satu alasannya bahwa potensi ikan di Lamongan sangat membanggakan. Hasil.ikan di Lamongan 630 ribu ton per tahun. Baik ikan tangkapan yang lebih tinggi jumlahnya, maupun ikan darat.

Selama ini Pemkab Lamongan sudah memfasilitasi ada ya BPJS ketenagakerjaan kepada 18 ribu nelayan. Jumlah ini terbesar di Jawa Timur. “Saya akan meningkatkan tanggungjawab. Apalagi mendapat amanah untuk melanjutkan tanggungjawab. Jangan sampai saya ditagih, tetapi harus saya laksanakan, ” janjinya.

Usai dengan para Nelayan, Pak Yes menyapa ratusan scooterist atau pencinta motor vespa Lamongan yang menggelar ekspedisi jelajah wisata. Dalam ekspedisinya menuju wisata Waduk Gondang Sugio Lamongan, Pak Yes berpesan kepada para scooterist untuk dapat menikmati perjalannya, sebab hal tersebut dapat meningkatkan hormon endorfin.

Berita Terkait :  Aktivitas Wisata dan Tahapan Pilkada Kota Batu, Jadi Perhatian Tekan Tingginya Laka Lantas

“Mari kita nikmati bersama, bahagia selalu, mudah-mudahan dengan ini bisa meningkatkan hormon kebahagian dan lebih sehat,” ucap Pak Yes saat memberangkatkan Jelajah Wisata bersama Vespa.

Mengambil start di Halaman Pemkab Lamongan ratusan scooterist tambak nyentrik dengan gaya pakian khas masing-masing. Meski sering dibilang motor tua, Pak Yes berharap penikmatnya semakin bertambah usia semakin bersemangat. “Meskipun vespa semakin tua, tapi kita semakin berumur semakin semangat dan semakin berjiwa muda,” tambah Pak Yes.

Suprayitno selaku Ketua Panitia Jelajah Wisata bersama Vespa mengaku bangga dan bahagia. Menurutnya komunitas vespa di Lamongan selalu bersamq Pak Yes. Sebab, kami selalu diberikan wadah dan dukungan dari pemerintah daerah sehingga dapat mengeksplorasi potensi daerah. [aha,yit.wwn]

Berita Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Follow Harian Bhirawa

0FansLike
0FollowersFollow
0FollowersFollow
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Berita Terbaru