25 C
Sidoarjo
Friday, July 19, 2024
spot_img

Minta Mahasiswa Turut Mengawasi Stunting dan Kemiskinan Ekstrim


Kabupaten Madiun, Bhirawa
Pj Bupati Madiun, Ir Tontro Pahlawanto didampingi beberapa pimpinan OPD dan camat menerima mahasiswa Kuliah Kerja Nyata – Belajar Bersama Komunitas (KKN-BBK) ke-4 Universitas Airlangga (Unair), Surabaya, di Pendopo Ronggo Djoemeno, Caruban, Selasa (2/7).

Sebanyak 450 kaum intelektual ini akan KKN-BBK di tiga Kecamatan di Kab. Madiun, yakni, di Kec. Saradan, Gemarang dan Wungu selama 25 hari mulai tanggal 2 sampai 27 Juli 2024 mendatang.

Dalam kesempatan ini, Dr Pratiwi Soesilawati drg Mkes selaku Koordinator Pengabadian Masyarakat Universitas Airlangga yang memimpin kegiatan KKN mengucapkan terimakasih kepada Pemkab. Madiun yang telah berkenan menerima mahasiswa KKN ini, dan minta bimbingannya agar anak didiknya itu bisa mengimplemtasikan ilmu yang didapat di bangku kuliah untuk kemajuan desa tempat KKN-BBK.

Sementara itu, Pj Bupati Madiun dalam arahannya menjelaskan, profile Kabupaten Madiun yang secara geografis daerahnya didominasi lahan pertanian. Selain itu, Pj Bupati Madiun mengatakan jika saat ini persoalan yang dihadapan jajarannya adalah penanganan stunting dan kemiskinan ekstrem.

Untuk itu, Pj Bupati Madiun pesan agar mahasiswa KKN ini bisa berkolaborasi dengan Pemerintah Kabupaten Madiun (Dinas Kesehatan dan Dinas PPKB P3A) untuk aktif membantu mengawasi dan menangani dua persoalan tersebut.

“Nanti kalau adik-adik mahasiswa menemukan balita stunting atau kemiskinan ekstrem, tolong dilaporkan ke kepala desa, nanti akan diteruskan ke kecamatan hingga ke Kabupaten Madiun. Karena stunting dan kemiskinan ekstrem harus diintervensi,” ungkapnya.

Berita Terkait :  Teknologi Modifikasi Cuaca Kementerian PUPR, Tingkatkan Tampungan Air 43 Bendungan di Pulau Jawa

Pj Bupati Madiun menambahkan, masyarakat Kabupaten Madiun mulai banyak menggeluti UMKM yang pastinya terkait produk, pemasaran, sertifikasi halal dan perizinan. Dalam hal ini, mahasiswa KKN bekerjasama dengan OPD terkait untuk bisa memfasilitasi mereka, karena mengurus perizinan gratis.

“Tolong dibantu juga untuk UMKM yang ada di desa, karena kita nanti juga lakukan kunjungan ke lokasi KKN adik – adik mahasiswa,” ungkap Pj Bupati Madiun. [dar.fen]

Berita Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Follow Harian Bhirawa

0FansLike
0FollowersFollow
0FollowersFollow
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Berita Terbaru