28 C
Sidoarjo
Tuesday, July 23, 2024
spot_img

Kerja Sama dengan Bank Jatim, Dinsos Jatim Fasilitasi PM Buka Rekening Tabungan

Kab Pasuruan, Bhirawa.
Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jatim melalui Unit Pelaksana Teknis Rehabilitasi Sosial Bina Karya (UPT RSBK) Pasuruan Dinas Sosial (Dinsos) Jatim memfasilitasi para penerima manfaat (PM) untuk membuka rekening tabungan di Bank Jatim.

Kerja sama ini dihadiri langsung oleh dua staf Bank Jatim yang membantu langsung para PM dalam mengisi formulir pembukaan rekening tabungan. Sementara itu, Kepala Sub Bagian Tata Usaha Siti A’isah SE, Kepala Seksi Rehabilitasi Sosial Irine Kusumadewi SSos MSi, beserta para staf seksi pelayanan dan rehabilitasi sosial juga turut mendampingi PM dalam kegiatan tersebut.

Sejumlah 14 orang PM UPT RSBK Pasuruan membuka rekening tabungan, menggunakan program ‘TabunganKu’ tanpa biaya administrasi. Jumlah tabungan masing-masing PM bervariasi, mulai dari Rp250 ribu sampai dengan lebih dari Rp3 juta. Selama ini para PM menyisihkan sebagian uang dari hasil pekerjaannya untuk ditabung. Di mana mereka mengikuti kegiatan pertanian, berbagai keterampilan, serta budidaya tempe.

Kepala UPT RSBK Pasuruan Kusuma Atmadja SSos mengapresiasi proses pelayanan dan rehabilitasi sosial para PM ini. Ia mengatakan hal ini dapat mendorong mereka untuk bisa hidup mandiri dan berdaya secara sosial ekonomi. “Tentunya ini hal yang patut diapresiasi mengingat para PM yang dulunya tidak memiliki tabungan. Perlahan bisa sedikit demi sedikit menabung dari hasil keterampilan yang diikuti,” ujar Kusuma.

Berita Terkait :  Kasus Pj Kades Ragung, Eks Wabup Sampang jadi Saksi di PN

Lebih lanjut, Kusuma menegaskan bahwa keberhasilan PM dalam menabung ini berkat kerja keras mereka sendiri serta motivasi yang diberikan selama mereka mengikuti pelayanan dan rehabilitasi sosial di UPT RSBK Pasuruan. Salah satu PM berinisial WY diketahui berhasil menabung hingga Rp3 juta. Dia mengumpulkan uang dari hasil budidaya tempe. WY setiap harinya juga berjualan tempe keliling.

Kusuma berharap, ke depannya akan semakin banyak PM yang termotivasi untuk menabung. “Karena banyak PM di sini selalu beli makanan ringan, kopi maupun rokok, sehingga mereka tidak berpikir untuk menabung. Saya berharap, melalui kegiatan kerjasama dengan Bank Jatim, membuat PM lain termotivasi untuk ikut menabung,” pungkasnya.[rac,hil.ca]

Berita Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Follow Harian Bhirawa

0FansLike
0FollowersFollow
0FollowersFollow
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Berita Terbaru