28 C
Sidoarjo
Friday, December 5, 2025
spot_img

Magang di Kehumasan PDAM Delta Tirta, Mahasiswa Untag Belajar Komunikasi Publik


Sidoarjo, Bhirawa
Magang di bagian Kehumasan PDAM Delta Tirta Kabupaten Sidoarjo memberikan pengalaman berharga bagi mahasiswa dalam memahami dunia kerja, khususnya di bidang komunikasi publik dan pelayanan masyarakat. Pengakuan ini disampaikan mahasiswa Prodi Ilmu Komunikasi Universitas 17 Agustus 1945 (Untag) Surabaya Mufid Gilang Al Rifqi, kepada Bhirawa beberapa waktu lalu.

Dari pengalaman ini, jelas Mufid bisa disimpulkan bahwa peran humas sangat penting untuk menjaga citra perusahaan, membangun kepercayaan publik, serta menyampaikan informasi secara transparan. Humas menjadi jembatan antara PDAM dan masyarakat, terutama dalam menghadapi isu pelayanan dan keluhan pelanggan.

Melalui strategi komunikasi yang terbuka, responsif, dan edukatif, PDAM Delta Tirta mampu mempertahankan citra positif sebagai lembaga pelayanan publik yang profesional.

“Bagi mahasiswa, pengalaman magang ini menjadi pembelajaran konkret tentang pentingnya komunikasi efektif, etika profesi, dan kemampuan bekerja sama dalam tim,” jelas Mufid. Dengan demikian, lanjut Mufid kegiatan magang di bidang kehumasan tidak hanya menambah wawasan praktis, tetapi juga membentuk karakter profesional yang siap menghadapi dunia kerja di masa depan.

Dari pengalaman tersebut, Mufid memahami bahwa kehumasan tidak sekadar menyampaikan informasi, tetapi juga membangun trust melalui komunikasi yang jujur dan terbuka. Setiap kata, tindakan, dan respons dari pihak humas dapat memengaruhi persepsi masyarakat terhadap citra PDAM.

Kegiatan magang berlangsung mulai tanggal 20 Agustus hingga 30 September 2025.

Berita Terkait :  ASN Pemkab Bojonegoro Manfaatkan Layanan Cek Kesehatan Usai Upacara Hari Korpri

Kegiatan magang di PDAM Delta Tirta Kabupaten Sidoarjo, yang merupakan sebuah Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) yang bertugas menyediakan layanan air bersih bagi masyarakat Sidoarjo. Dalam kegiatan magang yang dibimbing Dr Merry Frida ini, Mufid ditempatkan di bagian Humas, yang memiliki tanggung jawab penting dalam menjaga hubungan antara perusahaan dan masyarakat.

Sebagai lembaga publik, PDAM Delta Tirta memiliki tantangan besar untuk memberikan informasi yang valid kepada masyarakat. Mulai dari gangguan distribusi air, keterlambatan penanganan gangguan, hingga keluhan masyarakat merupakan situasi yang kerap dihadapi dan membutuhkan penanganan komunikasi yang cepat, dan juga tepat.

Disinilah peran humas menjadi senral, tidak hanya dalam menyebarkan informasi, tetapi juga dalam membangun citra positif perusahaan.

Pelaksanaan hari pertama, jelas Mufid menjadi sesi perkenalan dengan pihak pegawai dan juga staff PDAM Delta Tirta. “Kami diperkenalkan mulai dari struktur organisasi, dan juga ruang lingkup yang ada pada bagian kehumasan,” jelas Mufid mengisahkan pengalaman magangnya.

Setiap aktivitas magang ini, jelas Mufid, mendapatkan banyak pembelajaran khususnya pada bagian kehumasan yang mempunyai peranan untuk membangun citra positif perusahaan terutama di PDAM Delta Tirta. Selama magang disana PDAM tidak hanya dituntut memberikan layanan teknis, tetapi juga pelayanan komunikasi yang efektif.

Oleh karena itu, kami sebagai bagian humas mempunyai peran dalam menjaga hubungan dengan masyarakat dan memperkuat kepercayaan publik lewat desain infromasi media sosial yang telah kami buat.

Berita Terkait :  SIG Raih Penghargaan The Indonesia Best Companies in Local Content

“Kegiatan magang ini juga melatih saya alam kerja sama tim, kedisiplinan, dan kemampuan berpikir kreatif dalam menyampaikan pesan public,” jelas Mufid menegaskan. [why]

#KomunikasiUntag
#UnderstandingEmpowering
#KitaUntagSurabaya
#UntukIndonesia
#UntagSurabayaKeren
#EcoCampus
#KampusKompeten

Berita Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Follow Harian Bhirawa

0FansLike
0FollowersFollow
0FollowersFollow

Berita Terbaru