24 C
Sidoarjo
Friday, December 5, 2025
spot_img

Permudah Transaksi, Sistem Pembayaran Parkir Non Tunai Berbasis QRIS Diluncurkan


Kota Probolinggo, Bhirawa
Pemerintah Kota (Pemkot) Probolinggo resmi meluncurkan sistem pembayaran parkir non tunai berbasis QRIS bertajuk QRISPY (QRIS Parking Payment) di Jalan Suroyo, Minggu (25/5) pagi.

System parker ini sebagai upaya percepatan dan perluasan digitalisasi transaksi daerah guna meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) serta memudahkan masyarakat dalam melakukan pembayaran parker.

Kepala Dinas Perhubungan Kota Probolinggo Agus Efendy menjelaskan bahwa penerapan sistem parkir non tunai ini telah melalui tahap uji coba sejak Februari 2025 di setiap pelaksanaan CFD.

“Untuk meningkatkan PAD, kami gencarkan pembayaran parkir non tunai pada semua jenis parkir, terutama parkir insidentil. Plat kendaraan kota dan kabupaten sama-sama dikenakan tarif parkir, khususnya bagi kendaraan luar kota. Namun, untuk kendaraan plat Probolinggo yang telah membayar pajak kendaraan tidak perlu lagi membayar parkir di tepi jalan,” jelas Agus.

Ia menambahkan, sejak penerapan sistem non tunai, terjadi lonjakan pendapatan yang signifikan.

“Pada Januari kami mencatat pendapatan sekitar Rp 1 juta. Tapi pada April, dengan sistem non tunai, pendapatan meningkat hingga Rp 2,7 hingga Rp 3 juta, naik hingga 300%,” ungkapnya.

Ke depan, Dishub akan memperluas penerapan sistem non tunai ini ke berbagai jenis parkir, termasuk bagi sopir truk di kawasan Mayangan dengan integrasi ke aplikasi e-Toll.

Wali Kota Aminuddin mengapresiasi langkah ini sebagai representasi kota modern yang memberikan kemudahan, keamanan, dan efisiensi dalam pelayanan publik.

Berita Terkait :  Koramil 0823-06/Kendit dan Perangkat Desa Tanam Pohon

“QRISPY ini menunjukkan komitmen kami dalam membangun kota berbasis digital. Masyarakat kini bisa dengan mudah membayar parkir melalui aplikasi seperti OVO, Gopay, DANA, Bank Jatim, BCA, Mandiri, ShopeePay, LinkAja, dan lainnya,” terang Aminuddin.

Ia juga menegaskan pentingnya peran petugas parkir untuk memberikan pelayanan yang prima dan tidak berkerumun di satu titik. “Ke depan, kenyamanan warga yang beraktivitas atau berbelanja di kota ini harus dijamin, termasuk keamanan kendaraan mereka. Petugas harus tersebar dan sigap melayani,” pungkasnya. [fir.gat]

Berita Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Follow Harian Bhirawa

0FansLike
0FollowersFollow
0FollowersFollow

Berita Terbaru