Pamekasan, Bhirawa
Dinas Pendidikan dan kebudayaan (Disdikbud) kabupaten Pamekasan melaksanakan Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) Tahun 2024, kepada 477 sekolah dasar negeri dan swasta di wilayah ini.
Tahap Pertama ANBK 2024, mulai Tanggal 28 sampai 31 Oktober 2024, Kepala Disdikbud Pamekasan, Mohammad Alwi, mengawali pemantauan di SDN Jungcang-Cang 1 Pamekasan, Madura, Jawa Timur, Senin (28/10).
Mohammad Alwi, didampingi Kepala Bidang (Kabid) SD Disdikbud Pamekasan, Taufik Hidayat, melihat langsung proses asesmen kepada murid SDN Jungcang Cang. Mulai menggunakan perangkat laptop, mengusai membaca naskah dan menjawab pertanyaan.
“Alhamdulillah, kegiatan ANBK 2024 pada tahap pertama berjalan tertib dan lancar. Saya datang ke sekolah, khusus ke SDN Jungcang-Cang 1 ini untuk memastikan kegiatan berlangsung sesuai rencana dan kesiapan sarana prasarana,” ucap Kadisdisbud Alwi kepada wartawan.
Kabid SD Disdikbud Pamekasan, Taufik Hidayat mengatakan, tujuan ANBK 2024 ini asesmen untuk memotret hasil belajar, karakter siswa dan lingkungan belajar. Program Kemendiknas dalam rangka survery untuk bahan refleksi yang outputnya berupa rapot pendidikan.
“Setiap sekolah dapat rapot satuan pendidikan. Semua rapot ini menjadi rapot Pemerintah daerah. Refleksinya bila baik maka akan baik pula. Bila kurang bisa dibaiki sehingga hasilnya maksimal. Pemda juga begitu, sehingga linier,” ucapnya.
Agar supaya data ini valid, kata Taufik, perlu menjaga integritas karena outputnya menjadi basis utama perencanaan sekolah dalam rapot pendidikan sebagai dasar penyusunan kegiatan sekolah satu tahun ke depan.
.
Dijelaskan, kegiatan ANBK 2024 yang menjadi sasaran murid kelas 5. Setiap sekolah ada 30 murid ikut asesmen sudah disampling oleh Kemendiknas. “Di sekolah itu, muridnya 50 orang yang hanya ikut 30 orang. Kalau 25 murid, maka semuanya ikut,” ujarnya.
Dalam asesmen hari pertama para murid diuji kemampuan dalam literasi. Sedang hari kedua para murid akan diasesmen mengenai Numerasi. Program nasional tersebut dilaksanakan pula survey karakter dan survey lingkungan belajar. [adv.din]