29 C
Sidoarjo
Wednesday, October 23, 2024
spot_img

Demi Tingkatkan Layanan, Dinsos Jatim Adakan Pelatihan Public Speaking bagi 40 PTT-PK

Pemprov Jatim, Bhirawa.
Dalam rangka menambah wawasan dan meningkatkan profesionalisme Pegawai Tidak Tetap dengan Perjanjian Kerja (PTT-PK) di lingkungan kerjanya, Dinas Sosial (Dinsos) Jatim mengadakan pelatihan dan sertifikasi public speaking.

Kegiatan ini diadakan selama empat hari, yakni pada Selasa (22/10) hingga Jumat (25/10) di Unit Pelaksana Teknis Peningkatan Tenaga Kesejahteraan Sosiall (UPTVPTKS) Malang. Yang mana pelatihan dan sertifikasi tersebut menjadi upaya Dinsos Jatim untuk meningkatkan pelayanan melalui pembekalan kemampuan PTT-PK dalam berkomunikasi, terutama dalam menginformasikan pelayanan kepada masyarakat.

Kegiatan dihadiri oleh Kepala Dinsos Jatim yang diwakili Sekretaris Dinsos Jatim, Kepala UPT PTKS Malang, para pejabat eselon III Dinsos Jatim, dan Direktur Lembaga Pelatihan Kerja (LPK) PT Media Hati. 40 PTT-PK dari UPT di lingkungan Dinsos Jatim mendapatkan pelatihan dari praktisi LPK PT Media Hati dan widyaiswara UPT PTKS Malang.

Sekretaris Dinsos Jatim Yusmanu SST dalam sambutannya mengungkapkan, pelatihan dan sertifikasi ini baru pertama kali diadakan oleh Dinsos Jatim. Mengingat, Dinsos Jatim kini semakin masif dalam keterbukaan informasi tentang pelayanan, program, hingga strategi untuk menangani permasalahan kesejahteraan sosial.

“Yang dilatih hari adalah orang-orang yang potensial. Teman-teman dilatih untuk menjalankan tugas PR (public relation) di UPT masing-masing,” katanya.

“Karena, kemungkinan KI (Komisi Informasi) Jatim akan berkunjung ke UPT, untuk memastikan seberapa jauh kami menyiapkan SDM dalam bidang PR. Maka dari itu, pelatihan public speaking ini sangat berarti,” imbuh Yusmanu setelah menceritakan keterlibatan Dinsos Jatim dalam upaya Keterbukaan Informasi Publik yang dimonitori KI Jatim.

Berita Terkait :  Gelar Workshop Influencer BUMN, Dukung Kementerian Tingkatkan Pengelolaan Medsos Karyawan

Sekretaris Dinsos Jatim mengatakan pula, pelatihan ini akan diadakan kembali bagi staf lain, hingga pejabat administrator dan pejabat pengawas. “Saya harap ilmu yang didapat pada pelatihan ini dapat dipratikkan dengan baik dan cermat, terutama saat memberikan pelayanan pada masyarakat,” pungkasnya.

Kepala UPT PTKS Malang Baiq Lilik Sri Sumartini AKs menyampaikan, sehubungan dengan upaya Dinsos Jatim dalam menambah wawasan dan peningkatan profesionalisme PTT-PK, maka pihaknya memfasilitasi kegiatan bertajuk ‘Pelatihan Peningkatan Kapasitas SDM Kesejahteraan Sosial, Pelatihan dan Sertifikasi Public Speaking’ ini.

“Dari pelatihan ini, peserta akan dibekali 2 sertifikat. Yang pertama sertifikat internal dari Dinsos Jatim dengan UPT PTKS Malang. Yang kedua ada sertifikat dari LPK. Yang membedakan dari pelatihan lainnya adalah adanya uji kompetensi,” ujar Lilik saat dikonfirmasi pada Rabu (23/10).

Ia juga memaparkan, dalam pelatihan ini terdapat 9 materi yang akan dipaparkan oleh Praktisi LPK PT Media Hati Dian Sri Wahyuni SAk. Yakni materi tentang komunikasi, kerjasama, pelayanan, personal branding, public speaking, master of ceremony, membuat naskah pidato dan praktik, fungsi juru bicara/spokesperson dan praktik, serta fungsi dan strategi moderator.[rac.ca]

Berita Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Follow Harian Bhirawa

0FansLike
0FollowersFollow
0FollowersFollow
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Berita Terbaru

spot_imgspot_imgspot_img