29 C
Sidoarjo
Friday, October 18, 2024
spot_img

KPUD Sidoarjo Bakal Gelar Debat Publik Paslon Bupati dan Wakil Bupati Sidoarjo 2024

Ketua KPUD Sidoarjo, Fauzan Adhim.

Sidoarjo, Bhirawa.
Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Sidoarjo pada, Sabtu 19 Oktober 2024, akan menggelar debat publik Calon Bupati dan Calon Wakil Bupati Sidoarjo dalam proses Pilkada 2024. Acara yang akan digelar di Fave hotel Sidoarjo itu, bakal berlangsung selama 2 jam, mulai dari pukul 19.00 – 21.00 WIB.

Ketua KPUD Sidoarjo, Fauzan Adhim, mengungkapkan bahwa dua paslon, yaitu Subandi-Mimik Idayana dan Achmad Amir Aslichin-Edy Widodo, akan mengikuti debat yang terbagi dalam enam segmen. “Segmen pertama diisi dengan pembukaan, pembacaan tata tertib, serta penyampaian visi dan misi paslon. Segmen kedua dan ketiga akan fokus pada pendalaman visi misi”

“Baru di segmen keempat dan kelima ada pertanyaan dari panelis dan tanya jawab dari paslon. Lalu, segmen keenam, penutup. Aturan itu sesuai dengan keputusan KPU,” jelas Fauzan, Selasa (15/10) kemarin.

Untuk peserta yang bisa masuk dalam arena debat, yaitu masing-masing pasangan calon dari partai pengusung dan 20 orang pendukung. Kegiatan penting ini, KPUD Sidoarjo juga mengundang Forkopimda Sidoarjo, tokoh masyarakat, seperti Ketua Nahdlatul Ulama (NU) Sidoarjo dan Ketua Muhammadiyah Sidoarjo serta akademisi.

Untuk meminimalisir terjadinya tumpukan massa pendukung, KPUD Sidoarjo akan mengimbau kepada para Paslon, supaya menggelar nonton bareng (Nobar) di posko-poskonya masing-masing.

“Kami berharap semua paslon bisa mentaati aturan tersebut. Informasinya Pemkab Sidoarjo juga akan menggelar nonton bareng di Alun-alun. Jadi pendukung bisa melihat acara debat disana” ucap fauzan.

Berita Terkait :  Dyah Roro Siap Abdikan Diri untuk Kabupaten Lamongan

Kepala Bakesbangpol Kabupaten Sidoarjo, Fredik Suharto SSos, saat dikonfirmasi juga membenarkan di alun-alun Kota Sidoarjo, nanti akan difasilitasi NOBAR debat Paslon Bupati dan Wabup Sidoarjo 2024. “Kita antisipasi meluberannya para pendukung Paslon di hotel itu, sehingga jalan Jenggolo yang setiap hari ramai itu, tidak sampai terjadi kemacetan lalu lintas,” kata Fredik.

Debat publik Paslon Bupati dan wakil Bupati Sidoarjo ini mengusung tema besar yang merujuk pada visi-misi dan rencana pembangunan jangka panjang Kab Sidoarjo.

Haidar Munjid, anggota KPU Divisi Teknis, mengatakan jika debat akan lebih fokus pada peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Panelis debat yang dihadirkan, diantaranya terdiri dari lima tokoh profesional dan akademisi. Yakni Jarotd Hermansyah, SPsi, MPsi, Arif Supriyono, Dr. Muhammad Sholeh, SPd, MPd, Zamroni, SH Mhum, serta Musonif Afandi, M.Sosio. (kus.hel)

Berita Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Follow Harian Bhirawa

0FansLike
0FollowersFollow
0FollowersFollow
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Berita Terbaru

spot_imgspot_imgspot_img