28 C
Sidoarjo
Thursday, October 10, 2024
spot_img

Kementerian PUPR Ajak Generasi Muda Jaga Iklim melalui Semangat Literasi

Talkshow dan workshop di Gelanggang Inovasi dan Kreativitas UGM, Rabu (9/10).

Kab Sleman, Bhirawa.
Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mengajak generasi muda untuk turut serta menjaga iklim melalui budaya membaca dan menulis. Hal ini diwujudkan melalui talkshow dan workshop “Menggugah Literasi Generasi Muda dalam Menghadapi Tantangan Perubahan Iklim” yang merupakan salah satu rangkaian Hari Habitat Dunia-Hari Kota Dunia (HHD-HKD) 2024, yang diselenggarakan di Gelanggang Inovasi dan Kreativitas UGM, Rabu (9/10).

Untuk menghadapi tantangan zaman dan juga perubahan iklim Menteri PUPR Basuki Hadimuljono berpesan agar generasi muda menumbuhkan minat baca. “Tugas dan tanggung jawab ke depan semakin berat, agar dapat melaksanakannya dengan baik generasi muda harus gemar membaca,” ujar Menteri Basuki.

Direktur Bina Teknik Permukiman dan Perumahan Ditjen Cipta Karya Dian Irawati mengatakan kegiatan ini merupakan suatu upaya meningkatkan kesadaran dan pemahaman masyarakat, khususnya generasi muda, tentang isu perubahan iklim serta memperkuat kemampuan menulis dalam menyuarakan pendapat dan solusi perubahan iklim.

“Melalui acara ini, kami ingin mengajak generasi muda untuk meningkatkan minat baca dan tulis, serta mengasah kemampuan berpikir kritis dan kreatif. Dengan membaca, mereka dapat menemukan solusi terhadap berbagai isu, termasuk perubahan iklim, dan menyebarkannya melalui tulisan, baik dalam bentuk puisi, cerpen, buku, maupun konten digital di media sosial,” ucapnya.

Berita Terkait :  Kampus UMM Pionir Pendiri UKM E-sport di Malang

Salah satu peserta asal UIN Sunan Kalijaga Niko Widyantoro mengatakan talkshow dan workshop yang diselenggarakan ini edukatif dan menggugah semangat literasinya. “Selain seru, acara ini juga menggugah semangat literasi saya. Ternyata perubahan iklim bisa kita tanggulangi lewat literasi. Kita sebagai gen z harus banyak baca literatur karena kita adalah generasi penerus,” ujarnya.

Senada, Ila Syaikhu mahasiswi UIN Sunan Kalijaga juga mengatakan talkshow dan workshop ini memberikan ilmu baru. “Acaranya seru dan juga banyak memberikan insight baru bagi saya,” pungkasnya.

Talkshow dan workshop “Menggugah Literasi Generasi Muda dalam Menghadapi Tantangan Perubahan Iklim” menghadirkan narasumber pakar filsafat dan pendiri Penerbit Mizan Haidar Bagir, cerpenis dan novelis Sasti Gotama dan Chief Editor Penerbit Mizan Ahmad Baiquni.

Hari Habitat Dunia-Hari Kota Dunia (HHD-HKD) 2024 mengusung tema nasional “Jaga Iklim Jaga Masa Depan”. Peringatan HHD-HKD 2024 ini menunjukkan adanya keterlibatan dan komitmen Pemerintah Indonesia untuk mewujudkan permukiman dan perkotaan yang layak huni dan berkelanjutan. (ira.hel).

Facebook : Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat
Twitter : @kemenpu
Instagram : kemenpupr
Youtube : kemenpu
TikTok : kemenpupr

PUPRSigapMembangunNegeri

Berita Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Follow Harian Bhirawa

0FansLike
0FollowersFollow
0FollowersFollow
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Berita Terbaru

spot_imgspot_imgspot_img