30 C
Sidoarjo
Saturday, October 5, 2024
spot_img

Bertemu Emak-emak, Emil Dardak Sampaikan Penurunan Angka Kemiskinan Jatim

Jombang, Bhirawa.
Calon Wakil Gubernur (Cawagub) Jawa Timur (Jatim), Emil Elestianto Dardak atau Emil Dardak berbicara panjang lebar mengenai penurunan angka kemiskinan ekstrem saat bertemu emak-emak pegiat senam di Kantor Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Demokrat Kabupaten Jombang, Minggu (29/09).

Emil Dardak mengatakan, saat dirinya baru menjabat Wagub Jatim 2019 – 2024, angka kemiskinan ekstrem di Jatim mencapai angka 4,4 persen. Angka itu relatif tinggi mengingat wilayah Jawa Timur yang luas dengan 38 kabupaten/kota dan jumlah penduduknya 41 Juta jiwa. Sementara itu kemiskinan tingkat nasional atau di Indonesia 3,9 persen.

Dia menambahkan, kemudian pada 2023 angka kemiskinan di Jatim turun hingga di angka 0,66 persen.

“Lebih rendah dari angka nasioal. Ini bukan kerja satu dua orang. Tapi semuanya ikut kerja. Termasuk ibu-ibu yang hebat ini,” kata Emil Dardak.

Emil Dardak juga menjelaskan, untuk mengukur pembangunan manusia, dengan menggunakan Indeks Pembangunan Manusia (IPM). Ini untuk mengukur pendidikan, kesehatan, serta pendapatan. Lima tahun lalu, IPM di Jatim 71 koma dan di bawah indeks nasional.

“Alhamdulillah tahun ini angka IPM Jawa Timur berada di atas nasional. Kalau IPM itu semakin tinggi semakin bagus,” ulas Emil Dardak.

“Jadi kalau ada yang bilang selama lima tahun Khofifah-Emil kerjanya apa aja kok tidak ada perubahan, Itu ngawur apa tidak,” tanya Emil yang dijawab dengan kata ‘ngawur’ oleh ibu-ibu.

Berita Terkait :  Event Budaya Cinta Batik di Pendopo Bupati Sampang

Emil Dardak ke Jombang didampingi oleh sang istri, Arumi Bachsin. Kedatangan mereka disambut hangat oleh ratusan ibu-ibu pegiat senam.

Pengurus DPC Partai Demokrat Kabupaten Jombang juga ikut menyambut. Di antaranya adalah Ketua DPC Partai Demokrat Jombang, M Syarif Hidayatulloh atau Gus Sentot bersama jajaran.

Mereka kemudian beramah-tamah di ruang kantor tersebut. Setelah itu, Emil dan Arumi ikut senam bersama para ibu-ibu.

Emil Dardak juga meminta dukungan kepada ibu-ibu agar memilih Khofifah-Emil dalam Pilgub Jatim pada November 2024.

Ketua DPC Partai Demokrat Kabupaten Jombang, M. Syarif Hidayatullah atau Gus Sentot mengatakan, ada beberapa agenda Emil Dardak di Kabupaten Jombang.

“Ada dua agenda Mas Emil selama kunjungan ke Jombang. Pertama senam bersama ibu-ibu di kantor Demokrat Jombang, dilanjutkan ke Wonosalam untuk bertemu dengan para petani,” kata Gus Sentot. [rif.gat]

Berita Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Follow Harian Bhirawa

0FansLike
0FollowersFollow
0FollowersFollow
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Berita Terbaru

spot_imgspot_imgspot_img