25 C
Sidoarjo
Sunday, October 6, 2024
spot_img

Job Fair 2024 Menjadi Upaya Turunkan TPT di Provinsi Jawa Timur

Kadisnakertrans Jatim, Sigit Priyanto saat memberikan laporan kegiatan pelaksanaan Job Fair 2024

Pemprov, Bhirawa
Job Fair 2024 yang diselenggarakan Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Jawa Timur (Disnakertrans Prov Jatim) menjadi upaya untuk menurunkan tingkat pengangguran terbuka (TPT) di Jatim. Mengingat selama pandemi Covid-19, TPT Jatim meningkat hingga 5 persen.

“Job fair ini diharapkan mampu menekan angka pengangguran kita. Karena saat ini angka TPT kita yang sebelumnya 5% saat pandemi. Sementara per Februari 2024 turun menjadi 3,74%,” kata Pj Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Timur (Sekdaprov Jatim), Bobby Soemiarsono saat membuka Job Fair 2024 di Convention Hall Grand City Surabaya, Selasa (24/9).

Guna terus mendorong penurunan TPT di Jatim, saat ini kata Bobby, pemerintah juga melakukan program pelatihan bagi tenaga kerja usia muda bagi generasi milenial dan Gen Z. Tujuannya adalah untuk meningkatkan kompetensi dan skill mereka.

“Karena pengembangan kompetisi SDM tenaga kerja usia muda akan berdampak pada nilai tawar mereka,” katanya.

Pj Sekdaprov Jatim juga sangat mengapresiasi dan menyambut baik diluncurkannya “Jatim Bissa” atau Basis Data Disabilitas Berdaya. Jatim Bissa merupakan pengembangan layanan dari ULD Ketenagakerjaan bagi angkatan kerja penyandang disabilitas.

“Ini menjadi bukti bahwa kerjasama kemitraan pentahelix sangat mungkin kita lakukan dan menjadi contoh bagaimana sesuatu yang dikerjakan bersama akan menghasilkan kemanfaatan yang semakin luar biasa dalam melayani masyarakat,” katanya.

Berita Terkait :  Fasilitasi Difabel, BKPSDM Kota Madiun Bekali OPD Keterampilan Bahasa Isyarat

Sebelumnya, Komisioner Komisi Nasional Disabilitas RI, Eka Prastama Widiyanta mengapresiasi komitmen Pemprov Jatim dalam melakukan langkah kongkrit dengan memberi kesempatan kerja pada disabilitas untuk bekerja di perusahaan maupun swasta.

Sedangkan Kepala Disnakertrans Prov Jatim Jatim Sigit Priyanto menyampaikan, pelaksanaan job fair berlangsung selama 2 hari yakni dari tanggal 24-25 Setember 2024. Adapun pelaksanaan dilakukan secara online dan luring dengan total perusahaan yang berpartisipasi sebanyak 77 perusahaan dan 12 mitra Disnakertrans Jatim.

Dijelaskannya, Job fair terbagi menjadi offline dan virtual. Untuk Job fair offline diikuti 68 perusahaan, dengan 519 jabatan dan 4.441 loker termasuk 1.230 lowongan luar negeri serta ada 500 lowongan bagi difabel.

Sementara untuk pelaksanaan job fair virtual akan dilaksanakan pada tanggal 24-27 September 2024. Adapun jumlah perusahaan yang berpartisipasi adalah sebanyak 9 perusahaan dengan 21 jabatan dan 60 loker. [rac]

Berita Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Follow Harian Bhirawa

0FansLike
0FollowersFollow
0FollowersFollow
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Berita Terbaru

spot_imgspot_imgspot_img