30 C
Sidoarjo
Saturday, September 21, 2024
spot_img

Ketua Sementara DPRD Nganjuk Umumkan Pembentukan Fraksi

Sidang paripurna pertama dengan agenda pembentukan fraksi di DPRD Nganjuk, Jumat (20/09/2024).

Nganjuk, Bhirawa.
Anggota DPRD yang baru di lantik pada 30 Agustus kemarin, menggelar sidang paripurna pertama dengan agenda pengumuman pembentukan fraksi-fraksi DPRD Kabupaten Nganjuk.

Dalam sambutannya Gondo Hariyono didampingi Wakil Ketua Sementara, Ulum Bastomi dan Sekdakab Nganjuk Nur Solekan mengumumkan Anggota fraksi DPRD Nganjuk periode 2024-2029, dimana ada dua partai yang ikut gabung di fraksi lain yakni dua anggota dari PKS Moh Shoberi, S.Pd.I dan Eko Wahyu gabung fraksi Nasdem serta 1 anggota PPP yakni Dafiq Ilham Akbar, SM gabung fraksi Gerindra di hadapan Forkopimda, 32 OPD dan terbuka untuk umum.

“Alhamdulillah hari ini secara resmi ,fraksi-fraksi sudah terbentuk. Ada tujuh fraksi yang terbentuk yang semuanya fraksi murni, kata Gondo Hariyono ketua Sementara DPRD Kabupaten Nganjuk usai sidang paripurna, Jumat (20/09/2024).

“Tujuh fraksi tersebut adalah fraksi PDI Perjuangan, fraksi Kebangkitan Bangsa, fraksi Gerindra, fraksi Demokrat, fraksi Hati Nurani Rakyat (Hanura), fraksi Nasdem dan fraksi Golongan Karya”, kata Gondo

Dijelaskan Ketua Sementara DPRD Kabupaten Nganjuk, setelah pembentukan fraksi maka selanjutnya menyusun alat kelengkapan Dewan (AKD) termasuk Ketua DPRD definitif dengan 3 orang wakil Ketua DPRD sesuai dengan ketentuan yang ada dan di setujui Gubernur sebagai perwakilan dari pemerintah pusat.
Pembentukan fraksi tersebut telah sesuai berdasarkan aturan dengan minimum 1 fraksi terdapat empat anggota perwakilan dari masing-masing partai.

Berita Terkait :  Komite II DPRD RI Tekankan Penguatan Tusi BPOM pada Pengawasan Produk melalui RUU POM

“Fraksi ini merupakan pendukung DPRD Kabupaten Nganjuk, bukan merupakan alat kelengkapan dewan (AKD). Setelah terbentuknya fraksi-fraksi ini diharapkan dapat mempercepat pembentukan AKD, untuk tata tertib dan kode etik anggota DPRD kita memakai yang lama karena substansinya masih sama”, ucapnya.

Dikatakan, dalam AKD itu terdapat lima elemen yang perlu dibentuk, yakni Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Bapemperda), , Badan Anggaran (Banggar), Badan Musyawarah (Banmus), dan badan kehormatan.

“Ini secara bertahap kita lakukan pembentukan, setelah ini kami mengadakan rapat internal untuk membentuk komisi-komisi bersama fraksi yang telah dibentuk, besok Senin dan kita upayakan sebelum Oktober semua sudah terbentuk”, ungkapnya.

Adapun susunan pimpinan fraksi-fraksi DPRD kabupaten Nganjuk yang sudah terbentuk adalah:

  1. Fraksi PDIP, Ketua Mariyanto, S.Sos, M.A.P, 2. Fraksi PKB, Ketua Moch. Mashuri, S.Pd.I, 3. Fraksi Gerindra, Ketua Suprapto, S.Pd, SH, MH. 4.Fraksi Demokrat, Ketua Yuni Ferdianti. 5. Fraksi  Hanura, Ketua Raditya Haria Yuangga. 6. Fraksi Nasdem, Ketua Hj. Ratna Wulandari. 7. Fraksi Golkar, Ketua Maria Tunda Dewi, S.Sos, MSi.

14 kursi abstain dalam Paripurna tersebut serta wajah-wajah baru yang duduk di kursi DPRD, setidaknya ada 3 anggota Dewan termuda, yakni Sesen Aprika Dewantoro dari fraksi Nasdem, Sahrur Cahya Rhomadhon dan Freddy dari PDI.

“Wah ternyata sulit juga jadi Dewan, harus banyak belajar tentang aturan-aturan baik eksekutif, legeslatif, yudikatif”, ungkap Sensen usai ikuti Paripurna tersebut. (dro.hel.)

Berita Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Follow Harian Bhirawa

0FansLike
0FollowersFollow
0FollowersFollow
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Berita Terbaru

spot_imgspot_imgspot_img