28 C
Sidoarjo
Thursday, September 19, 2024
spot_img

Mahasiswa UMM Gelar Pengabdian Masyarakat Bantu Bangun Identitas Kopi Lokal

Kab Pasuruan, Bhirawa.
Pengembangan identitas kopi lokal kini mendapatkan perhatian dari berbagai kalangan. Salah satunya adalah kelompok mahasiswa Universitas Muhammadiah Malang (UMM) yang melakukan kegiatan Program Pengabdian Masyarakat di Desa Tambaksari, Purwodadi, Pasuruan.

Dalam kegiatan tersebut, kelompok yang terdiri dari lima mahasiswa dari jurusan Ilmu Komunikasi ini melakukan pendampingan kepada masyarakat serta membantu dalam pembuatan branding kopi dari wilayah tersebut, yang bertujuan agar memiliki nama brand atau identitas.

“Nama brand kopi yang akan kita gunakan adalah “SEKAWAN” dalam bahasa jawa yang artinya empat. Hal ini karena Desa Tambaksari memiliki 4 dusun yang unggul dalam produksi kopi, yaitu Dusun Krai, Dusun Ampelsari, Dusun Gunung Malang, dan Dusun Tambakwatu. Adapun kegiatan pembuatan brand kopi produk UMKM berupa pembuatan logo. Seperti kita tahu, Logo merupakan identitas utama untuk membantu mengidentifikasi dan membedakan suatu produk dari yang lain dan nantinya akan dipasarkan kepada konsumen. Selain itu, kami juga menentukan packaging yang cocok untuk produk tersebut agar menjadi nilai plus di mata konsumen,” terang Larasati, salah satu mahasiswa UMM yang mengikuti kegiatan tersebut.

Larasati menambahkan dalam segi pemasaran kami bersama tim akan membantu lewat media sosial, seperti yang kita tau dalam berjalannya waktu tekonologi akan lebih maju dan akan lebih canggih.

“Jadi salah satu jalan yaang paling efisien dalam pemasaran yaitu lewat media sosial. Namun, dalam pemasaran ini juga memperlukan kreativitas yang selanjutnya akan di bantu oleh beberapa karang taruna di Desa Tambaksari tersebut,” jelasnya.

Berita Terkait :  Dandim Bojonegoro Pimpin Upacara Purna Tugas Anggota

Sementara itu, Desa Tambaksari berada di Kecamatan Purwodadi, Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur, Indonesia memiliki luas wilayah sebesar 773 hektar dan memiliki ketinggian 1200 Mdpl.

Dengan memiliki ketinggian tersebut, Desa Tambaksari mempunyai udara yang cukup sejuk, sehingga wilayah tersebut dapat dikatakan unggul untuk produksi kopi.

Saat ini, jumlah penduduk Desa Tambaksari sebanyak 5.500 jiwa dengan jumlah kepala keluarga mencapai 1.500 kepala keluarga, terdiri dari empat dusun yaitu Dusun krai, Ampelsari, Gunungmalang dan juga Tambakwatu.

Desa ini tak hanya unggul dalam bidang kopi namun Desa Tambaksari juga memiliki perkebunan lain antara lain alpukat, durian, kopi robusta dan kopi arabika.

Permasalahan utama yang dimiliki di Desa Tambaksari tersebut yaitu kurangnya branding. Selama ini Desa Tambaksari memanfaatkan komoditasnya dalam untuk konsumsi pribadi, tanpa di kelola lebih lanjut. [riq,hil.hel]

Berita Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Follow Harian Bhirawa

0FansLike
0FollowersFollow
0FollowersFollow
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Berita Terbaru

spot_imgspot_imgspot_img