27 C
Sidoarjo
Monday, November 25, 2024
spot_img

Cek Status Aktif BPJS Kesehatan Lewat Pandawa Tinggal Usap Layar

Gresik, Bhirawa.
BPJS Kesehatan kini menyediakan Pelayanan Administrasi Melalui WhatsApp (PANDAWA), untuk kemudahan pengecekan status kepesertaan Program Jaminan Kesehatan Nasional (Program JKN). Layanan ini di akses secara daring, melalui smart phone.

Kepala Cabang BPJS Kesehatan Gresik, Janoe Tegoeh Prasetijo. Untuk pengecekan status kepesertaan peserta dapat memilih menu Informasi, kemudian peserta memilih Cek Status Kepesertaan.
Transformasi layanan digital ini memudahkan peserta untuk mengakses layanan kesehatan tanpa harus ke kantor, dan pastinya memberikan kenyamanan dan efisiensi dalam mengelola hak kesehatan peserta.

“PANDAWA ini kanal layanan resmi BPJS Kesehatan yang beroperasi selama 24 jam, jadi untuk memberikan kepastian layanan jaminan kesehatan, peserta dapat mengecek status kepesertaannya melalui Pandawa tersebut. Peserta bisa chat melalui WA di nomor, 08118165165, nanti akan muncul pilihan administrasi, informasi atau pengaduan,” ujarnya.

Selanjutnya, peserta akan diarahkan untuk memasukkan Nomor KTP (NIK) atau Nomor BPJS Kesehatan untuk mengetahui aktif atau tidak kepesertaannya. Selain itu, pada menu Informasi peserta juga diberikan layanan Cek Status Pembayaran, Cek Virtual Account, Skrining Riwayat Kesehatan, Informasi JKN, Panduan Layanan dan Informasi Lokasi Kantor Cabang maupun Lokasi Fasilitas Kesehatan.

“Untuk akses Mobile JKN, langkahnya sederhana yakni masuk aplikasi atau jika belum memiliki akun bisa melakukan registrasi terlebih dahulu. Setelah berhasil masuk, peserta dapat dengan bebas memilih fitur apa saja yang sedang dibutuhkan,” ungkapnya

Berita Terkait :  Kolaborasi PLN Icon Plus Menuju Transformasi Energi Hijau dan Elektrifikasi Kendaraan

Ditambahkan Janoe Tegoeh Prasetijo, bahwa peserta segmen Pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU) atau Mandiri yang terlanjur memiliki banyak tunggakan iuran JKN. Juga disediakan fitur pendaftaran pembayaran secara bertahap, melalui fitur Rehab (Cicilan). Juga fitur pendaftaran auto debit penambahan peserta, konsutasi dokter, perubahan data peserta, skrining riwayat kesehatan serta pengaduan layanan JKN.

Terpisah Hilda salah seorang peserta mengatakan, bahwa inovasi ini membantu sekali ya. Apalagi seperti saya yang setiap harinya bekerja di kantoran, pasti akan tidak sempat jika harus datang ke kantor BPJS Kesehatan. Dengan Pandawa ini kita seperti mengirim chat saja dengan teman, responnya sangat cepat dan bisa diakses dimana saja sepanjang hari. (kim.hel).

Berita Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Follow Harian Bhirawa

0FansLike
0FollowersFollow
0FollowersFollow
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Berita Terbaru

spot_imgspot_imgspot_img