32 C
Sidoarjo
Friday, September 20, 2024
spot_img

Usung Nuansa Kemerdekaan, Hari Ini Pendaftaran CPNS Dibuka Pukul 17.8.45 WIB

Pemprov, Bhirawa
Pembukaan pendaftaran CPNS tinggal menunggu hitungan menit. Tepat pukul 17.8.45 WIB hari ini, Selasa (20/8), pendaftaran akan dibuka secara serentak melalui portal www.sscasn.bkn.go.id. Pemilihan waktu pembukaan ini selaras dengan momentum kemerdekaan RI tanggal 17 – 8 – 1945.
Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Jatim Indah Wahyuni menjelaskan, pemilihan waktu pembukaan pendaftaran ini mengusung tema kemerdekaan. Sehingga, seluruh formasi baru akan dapat dilihat dari portal SSCASN BKN sesuai waktu yang ditentukan.

“Tadi pagi portalnya sudah bisa diakses. Tapi pilihan formasinya belum bisa dilihat. Setelah pukul 17.8.45 WIB semua formasi akan ditampilkan,” ujar Yuyun, sapaan akrab Kepala BKD Jatim.

Untuk diketahui, Pemprov Jatim tahun ini membuka sebanyak 2.314 formasi CPNS. Kuakifikasinya mulai dari lulusan SMA hingga sarjana strata 2. Formasi Pemprov Jatim ini yang terbanyak se Pulau Jawa. Dibandingkan dengan lowongan di Pemprov DKI Jakarta sebanyak 434 formasi, Jawa Barat 899 formasi, dan Jawa Tengah 250 formasi. Dengan jumlah tersebut, perhatian calon pelamar diprediksi bakal terpusat di Pemprov Jatim.

“Pemprov Jatim akan menjadi magnet kuat bagi fresh graduate lulusan universitas se Indonesia. Karena lowongan ini terbuka dan bisa diikuti pelamar dari daerah mana pun termasuk luar Jatim,” ujar Yuyun.

Yuyun menjelaskan, formasi CPNS tahun ini dibagi dalam dua kategori. Yakni formasi umum sebanyak 2.254 lowongan yang terbagi untuk formasi tenaga teknis, tenaga pendidik dan tenaga kesehatan. Kedua, formasi khusus sebanyak 60 lowongan yang terbagi untuk cumlaude 50 lowongan dan penyandang disabilitas 10 lowongan.

Berita Terkait :  Satpol PP Jatim Berantas Rokok Ilegal Melalui Sosialisasi Ketentuan Cukai

“Untuk formasi cumlaude ini hanya bisa diikuti lulusan perguruan tinggi terakreditasi unggul (A) dan terakreditasi prodi unggul (A),” jelas Yuyun.

Bagi formasi umum, lowongan CPNS terbuka mulai dari kualifikasi pendidikan SMA dan SMK jurusan teknik, pertanian, peternakan dan agrobisnis. Sedangkan untuk kualifikasi pendidikan diploma 3 (D3) ke atas terdapat persyaratan tambahan yakni hasil tes tofle.

“Lulusan SMA/SMK nilai rata-ratanya minimal 7, sedangkan sarjana minimal IPK 3 dengan ketentuan perguruan tinggi dan prodinya terakreditasi,” jelas Yuyun yang juga menjabat Pj Bupati Lumajang tersebut.

Terkait usia, dalam CPNS kali ini dapat diikuti pelamar dengan usia maksimal 35 tahun. Kecuali untuk formasi dokter spesialis, usia maksimalnya ialah 40 tahun.
Lebih lanjut Yuyun menjaslakan, dalam menghadapi seleksi CPNS ini pelamar diimbau selalu cermat. Khususnya dalam memilih formasi yang akan dilamar. Sebab, pelamar hanya boleh memilih satu instansi dan tidak dapat diubah kembali.

“Silahkan menggali informasi sebanyak-banyaknya sebelum memilih. Pelajari formasi baik yang terbuka di pemprov, pemkab/ pemkot, atau kementerian. Termasuk perhitungan penghasilan dari instansi yang dituju,” pesan Yuyun.[tam]

Berita Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Follow Harian Bhirawa

0FansLike
0FollowersFollow
0FollowersFollow
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Berita Terbaru

spot_imgspot_imgspot_img