28 C
Sidoarjo
Sunday, October 6, 2024
spot_img

Unesa Gelar PKKMB 2024, Mensos Risma Beri Pesan bagi 16.827 Mahasiswa Baru


Surabaya, Bhirawa
Universitas Negeri Surabaya (Unesa) memulai rangkaian acara Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) 2024 di Graha Unesa, Surabaya. PKKMB kali ini bertajuk ‘Mahakarya Nusantara Harmoni dalam Asa dan Cita’ ini dihadiri 16.827 mahasiswa baru dari 11 fakultas.

Pada pembukaan PKKMB ini, Rektor Unesa, Prof Nurhasan, mengucapkan selamat datang kepada para mahasiswa baru yang akan menimba ilmu di Unesa. berharap para mahasiswa baru bisa belajar dengan sungguh-sungguh dan memanfaatkan kesempatan ini dengan baik.

“Saya ucapkan selamat datang bagi mahasiswa baru Unesa, Selamat telah bergabung di keluarga besar Unesa. Manfaatkan kesempatan belajar di sini dengan baik untuk meningkatkan kualitas diri,” ucapnya Nurhasan.

Nurhasan menambahkan, pentingnya membangun karakter yang kuat di tengah tantangan zaman yang semakin kompleks. Serta mengingatkan mahasiswa baru untuk selalu menjaga integritas, kejujuran, dan kedisiplinan sebagai fondasi kesuksesan mereka.

“Perkuat karakter integritas, karakter kejujuran, dan kedisiplinan. Faktor-faktor ini akan melahirkan inovasi, sehingga kalian dapat tampil sebagai mahasiswa yang kreatif di tengah situasi yang penuh ketidakpastian ke depan,” Imbuhnya.

Pembukaan PKKMB Unesa 2024 itu juga dihadiri Menteri Sosial, Tri Rismaharini, memberikan semangat kepada para Maba untuk tidak pantang menyerah danpara mahasiswa diminta untuk dapat bersaing baik secara nasional maupun internasional.

“Terus terang saya senang dengan pak rektor ini, dia orang yang out of the box begitu. Pak Rektor ini bisa menerobos hal-hal yang kita tidak pernah membayangkan kalau ternyata Unesa bisa. Dan kalian (Maba) juga harus bisa melakukan itu,” Ucapnya.

Berita Terkait :  Menyambut Generasi Alpha, Tim PKM UNESA Beri Workshop Guru SMP Sepuluh Nopember Sidoarjo

Risma mengatakan, mahasiswa harus bergerak secara out of the box, bisa menciptakan inovasi dan harus inovatif. ”Buat inovasi – inovasi yang menyelesaikan permasalah, sehingga mereka bisa menjadi agen-agen perubahan yang sangat penting untuk negara kita,” paparnya.

Menteri Sosial itu turut memberikan semangat kepada para atlet mahasiswa disabilitas yang akan mengikuti paralimpiade, agar terus berjuang memberikan yang terbaik.

“Seperti yang saya tadi katakan. Kita bisa lihat bahwa prestasi itu bukan hanya dari bidang akademik tapi kita bisa berprestasi di bidang apa saja. Asal kita raih yang tepat dan benar. Semangat untuk para atlet,” Ucapnya.

Pada kesempatan pembukaan PKKMB Unesa 2024 juga berhasil memecahkan rekor baru dengan menginisiasi pengiriman surat dari 16.827 mahasiswa kepada Presiden Republik Indonesia terpilih yakni Prabowo Subianto. Rekor tercatat di Museum Rekor Indonesia (Muri), ini merupakan Rekor Muri ke-16 yang berhasil didapatkan Unesa sejak 2018.

Direktur Kemahasiswaan dan Alumni, Dr Muhamad Sholeh, surat ditulis mahasiswa baru berisi tentang keinginan dan harapan para generasi penerus bangsa terhadap pemimpin baru Indonesia.

“Nantinya surat – surat yang ditulis para Maba yang berjumlah sekitar 17 ribu orang akan dikirimkan ke presiden terpilih Prabowo Subianto setelah dilantik,” jelasnya. [ren.fen]

Berita Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Follow Harian Bhirawa

0FansLike
0FollowersFollow
0FollowersFollow
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Berita Terbaru

spot_imgspot_imgspot_img