28 C
Sidoarjo
Sunday, October 6, 2024
spot_img

Hari Konservasi Alam Nasional, SIG Pabrik Tuban Bagikan 1.000 Bibit Pohon

Tuban, Bhirawa
Salah satu upaya untuk menjaga kelestarian alam, PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SIG) Pabrik Tuban berkomitmen untuk menjaga kelestarian alam dengan membagikan 1.000 bibit buah kepada masyarakat Kabupaten Tuban.

Bagi-bagi bibit tersebut dalam rangka memperingati Hari Konservasi Alam Nasional 2024. Perusahan milik negara tersebut membagikan bibit pada giat Car Free Day (CFD) area GOR Rangga Jaya Anoraga (11/08/2024) juga menggandeng Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Tuban, Universitas Ronggolawe (Unirow) Tuban, UTSG dan Yayasan Mangrove Center Tuban.

Selain memperingati Hari Konservasi Alam Nasional, giat tersebut sekaligus juga sebagai upaya perusahaan untuk memenuhi program penghijauan. “Juga sebagai upaya kami untuk meningkatkan keanekaragaman hayati tidak hanya di area perusahaan saja. Namun, juga di lingkungan luar perusahaan,” terang, General Manager of Mining and Raw Material SIG Pabrik Tuban, Suhariyanto.

Menurutnya, pada kegiatan tersebut SIG membagikan 1.000 bibit pohon jeruk, pucuk merah, dan pohon kayu putih. Bibit tanaman tersebut diambil langsung dari Griyo Winih. “Jadi kami memiliki tempat pembibitan yang bernama Griyo Winih. Memang utamanya bibit dari Griyo Winih ini kami peruntukan untuk reklamasi di area pasca tambang. Namun, tidak menutup kemungkinan juga kami manfaatkan untuk mensupport kegiatan konservasi alam dilingkungan sekitar,” ungkapnya.

Suhariyanto berharap, masyarakat yang mendapatkan bibit tanaman dari SIG dapat menanam di lingkungan masing-masing dan merawatnya dengan baik. Sehingga, dengan langkah kecil dan kesadaran masyarakat akan pentingnya kelestarian alam tersebut dapat mengurangi efek negatif bahkan bencana yang disebabkan kerusakan alam.

Berita Terkait :  Dinsos PPPA Kota Madiun Salurkan BLTD ke 1.313 Penerima

“Mari kita bersama-sama menjaga kelestarian alam ini. Menjaga alam tidak hanya menjadi tanggung jawab pemerintah maupun perusahaan saja. Namun, menjaga kelestarian alam menjadi tanggung jawab kita semua,” tandasnya.

Kegiatan bagi-bagi bibit tanaman yang dilakukan SIG Pabrik Tuban tersebut disambut hangat oleh masyarakat. Salah satunya Amanda, warga asal Kecamatan Semanding tersebut sangat mendukung kegiatan pembagian bibit tanaman yang dilakukan perusahaan sebagai upaya konservasi alam tersebut. “Bagus,semoga kedepan semakin banyak perusahaan atau lembaga yang ada di Kabupaten Tuban membagikan bibit tanaman kepada masyarakat,” pungkasnya.[hud.ca]

Berita Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Follow Harian Bhirawa

0FansLike
0FollowersFollow
0FollowersFollow
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Berita Terbaru

spot_imgspot_imgspot_img