28 C
Sidoarjo
Friday, September 20, 2024
spot_img

Bersama Pj Wali Kota, Perguruan Silat Kota Batu Bersihkan Makam Pahlawan

Pj Wali Kota Batu, Aries AP bersama PSHT bersihkan TMP Suropati Kota Batu, Minggu (11/8).

Kota Batu, Bhirawa.
Tidak semua kelompok atau perguruan silat identik dengan aksi kekerasan atau tawuran antar perguruan. Di Kota Batu, ratusan anggota perguruan silat melaksanakan pembersihan Taman Makam Pahlawan (TMP) Untung Suropati, Minggu (11/8).

Pemkot Batu juga menggelar tasyakuran Hari Veteran Nasional di Graha Pancasila, Balaikota Among Tani. Penjabat (Pj) Wali Kota Batu, Aries Agung Paewai ikut serta bersama 100 orang anggota pencak silat Persaudaraan Setia Hati Ternate (PSHT) melaksanakan kerja bakti membersihkan TMP Suropati Kota Batu, kemarin.

Mereka melakukan beragam aktivitas seperti, pengecatan makam pejuang, membersihkan makam, dan membersihkan rumput di area TMP.

“Ini merupakan salah satu bukti nyata peran generasi muda dalam menghormati para pejuang Negeri ini,” ujar Aries AP di sela-sela kegiatan, Minggu (11/8/2024).

Ia mengaku bangga dengan semangat yang ditunjukkan PSHT dengan menggelar bakti sosial membersihkan Taman Makam Pahlawan. Ia menegaskan kegiatan ini sebagai wujud nyata kecintaan pemuda atau generasi muda terhadap pahlawan yang telah berjuang merebut kemerdekaan.

“Sangat senang dengan apa yang dilakukan PSHT hari ini membersihkan Taman Makam Pahlawan menjelang Peringatan Hari Kemerdekaan,” ungkap Aries AP

Menurutnya, kegiatan ini juga sebagai bukti nyata generasi muda dalam menghormati para pahlawan pejuang. Dan hal ini bisa menjadi inspirasi bagi generasi muda Kota Batu lainnya untuk melakukan kegiatan positif menjelang HUT Kemerdekaan.

Berita Terkait :  Paripurna DPRD Sampang Persetujuan Raperda APBD Perubahan Tahun 2024

Ditambahkan Ketua PSHT Kota Batu, Sutrisno bahwa kegiatan ini akan menjadi agenda rutin setiap tahun. Hal ini untuk memastikan generasi muda PSHT tidak melupakan jasa pejuang bangsa yang telah gugur dalam membela negara.

“Kegiatan ini merupakan wujud nyata kesadaran generasi muda untuk menghormati jasa para pahlawan menjelang Peringatan HUT Ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia,” ujar Sutrisno.

Sehari sebelumnya (10/8), Pemkot Batu juga menggelar peringatan Hari Veteran Nasional (HVN) ke-75 bersama Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI). Hal ini diwujudkan dengan kegiatan tasyakuran namun penuh makna di Graha Pancasila, Balaikota Among Tani.

Aries AP mengatakan bahwa Hari Veteran Nasional ini menjadi momentum untuk menghormati jasa dan pengorbanan para pahlawan yang telah memperjuangkan kemerdekaan Indonesia.

“Kami menyadari bahwa belum banyak yang dapat kami lakukan untuk membalas jasa para pahlawan, namun semangat perjuangan mereka akan terus kami kobarkan,” ujar Aries AP.

Menurutnua, perjuangan para veteran tidak hanya berhenti dengan meraih kemerdekaan. Namun perjuangan harus berlanjut dalam bentuk pembangunan bangsa. Salah satu bentuk penghormatan yang paling nyata adalah dengan memperhatikan kesejahteraan para veteran.

Dalam kesempatan ini, para anggota LVRI Kota Batu menerima insentif senilai Rp 1 juta yang diberikan selama 3 bulan sekali. Kegiatan ini ditutup dengan pemotongan tumpeng oleh Dandim 0818, yang diberikan kepada ketua LVRI kota Batu.

Berita Terkait :  Marsuto Alfianto Hadir di Gudang CV Ontong Teros, Semata Dirinya sebagai Pengacara

Dandim 0818, Letkol Inf Yudha Sancoyo menyampaikan rasa hormatnya yang mendalam atas perjuangan para veteran.

“Perjuangan kami tidak sebanding dengan perjuangan bapak ibu sekalian. Kami berterima kasih atas jasa-jasa beliau dalam merebut dan mempertahankan kemerdekaan Indonesia,” ungkap Dandim 0818. [nas.dre]

Berita Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Follow Harian Bhirawa

0FansLike
0FollowersFollow
0FollowersFollow
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Berita Terbaru

spot_imgspot_imgspot_img