33.5 C
Sidoarjo
Monday, October 7, 2024
spot_img

Khofifah-Emil Dampingi Gibran Simulasi Makan Bergizi Gratis, Tegaskan Miliki Multiplier Effect bagi UMKM

Surabaya, Bhirawa

Gubernur dan Wakil Gubernur Jatim periode 2019-2024, Khofifah Indar Parawasan dan Emil Elestianto Dardak, mendampingi Wakil Presiden (Wapres) RI terpilih Gibran Rakabuming Raka mensimulasikan program makan bergizi gratis di SDN Klampis Ngasem 3, Surabaya, Kamis (1/8/2024).

Selain Khofifah-Emil, turut mendampingi juga Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi, dan Arumi Bachsin istri Emil Elestianto Dardak.

Gibran sampai SDN Klampis Ngasem 3 sekitar pukul 08.42 WIB. Dia lantas melihat menu makanan yang sudah dikirim melalui ojek online (ojol).

Setelah itu, Gibran didampingi Khofifah, Emil, Eri dan Arumi menuju kelas dan membagikan makanan ke para siswa. Setiap siswa diberi menu yang berisi nasi, ayam asam manis, sayur, buah dan susu.

Sembari melihat anak-anak makan, Gibran sempat bertanya kepada anak-anak apakah makanannya enak atau tidak. “Ayo dihabiskan makanannya. Enak tidak?,” ujarnya, yang langsung disambut enak para siswa.

Ditanya terkait program ini, Khofifah menegaskan, jika makan bergizi gratis ini memiliki multiplier effect di sektor perekonomian masyarakat, utamanya usaha mikro kecil dan menengah (UMKM).

“Kita bayangkan satu UMKM bisa mendapatkan kuota 100 boks setiap hari. Akan ada pertumbuhan ekonomi di lingkungan UMKM. Mereka bisa merekrut tenaga kerja. Belum lagi jasa pengiriman seperti Gojek. Jadi multiplier effect cukup banyak,” tuturnya.

Ketum PP Muslimat NU itu menyatakan, program makan bergizi gratis merupakan misi penting guna mewujudkan generasi emas di 2045. Pemenuhan nutrisi kepada anak menjadi hal mendasar supaya misi tersebut bisa sukses.

Berita Terkait :  Bertemu Raffi Ahmad, Berencana Bangun Kuliner Nusantara di Batu dan Bromo

“Pak Presiden Jokowi menyebut bahwa tantangan yang cukup serius 2045 Indonesia Emas adalah kualitas SDM kita. Mari kita lihat IPM (Indeks Pembangunan Masuia), bagaimana nutrisinya. Itu menjadi bagian dari faktor penumpu dari lahirnya generasi berkualitas 2045,” tandasnya. [iib]

Berita Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Follow Harian Bhirawa

0FansLike
0FollowersFollow
0FollowersFollow
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Berita Terbaru

spot_imgspot_imgspot_img