32 C
Sidoarjo
Friday, September 20, 2024
spot_img

Bentuk Pemilih Pemula Cerdas Bertanggung Jawab, Polres Batu Sosilalisasi Pilkada ke Sekolah


Kota Batu, Bhirawa
Kepolisian Resor (Polrea) Kota Batu berpartisipasi aktif dalam upaya meningkatkan kesadaran dan partisipasi pemilih pemula pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kota Batu pada November mendatang. Hal ini dilakukan dengan mengadakan kegiatan sosialisasi terkait Pilkada 2024 ke sekolah- sekolah.

Pada Selasa (30/7), Polres Batu melakukan kegiatan sosialisasi pilkada di dua sekolah, yaitu, SMA AL-Izzah Islamic Boarding School Kota Batu, dan SMK 1 Pujon Kabupaten Malang. Meskipun SMK 1 Pujon merupakan wilayah Kabupaten Malang, namun dalam pelayanan hukumnya masuk wilayah Polres Kota Batu.

Polres Batu memiliki prinsip bahwa generasi muda memiliki peran penting dalam menentukan masa depan daerahnya. Demikian juga dengan generasi muda di Kota Batu yang harus ikut berperan dalam mengembangkan kotanya.

“Karena itu kami merasa perlu untuk memberikan pemahaman yang mendalam mengenai Pilkada kepada mereka,” ujar Ipda Trimo SH, Kasie Humas Polres Batu, Selasa (30/7).

Maka, Ipda Trimo bersama anggota Sihumas Polres Batu menyampaikan sosialisasi langsung terkait pentingnya partisipasi aktif dalam siswa dalam Pilkada. Apalagi di jenjang kelas XII sudah banyak dari siswa yang sudah memenuhi syarat usia sebagai pemilih atau yang lazim disebut sebagai pemilih pemula.

Adapun yang belum memikiki hak suara tetap bisa berpartisipasi dengan ikut membantu kelancarlan pelaksanaan Pilkada. ”Kegiatan ini diharapkan dapat menumbuhkan kesadaran akan hak dan kewajiban sebagai warga negara, serta meningkatkan pemahaman tentang proses demokrasi di Indonesia,” jelas Ipda Trimo.

Berita Terkait :  Hendra Cahyo Laksono Terpilih sebagai Ketua Imgres Nusantara Masa Bhakti 2024 -2025

Selama sosialisasi ini para siswa diberikan informasi mengenai tahapan-tahapan Pilkada. Kemudian diberikan pemahaman terkait pentingnya memilih pemimpin yang berintegritas. Dan yang tak kalah penting juga diberikan pemahaman serta cara-cara menghindari praktik politik uang atau money politic.

Selain itu, disampaikan juga mengenai peran serta masyarakat dalam menjaga keamanan dan ketertiban selama berlangsungnya Pilkada. Dan semua materi yang diberikan diikuti para siswa dengan antusias.

Para siswa terlihat semangat saat mengikuti sesi tanya jawab yang diadakan oleh Polres Batu. Beberapa siswa bahkan mengajukan pertanyaan seputar mekanisme pemilihan dan cara memastikan suara mereka tidak disalahgunakan.

“Kami sangat berterima kasih kepada Polres Batu yang telah memberikan edukasi mengenai Pilkada. Ini sangat bermanfaat bagi kami sebagai pemilih pemula,” ujar Irma, salah satu siswa SMA AL-Izzah Islamic Boarding School.

Kegiatan sosialisasi ini merupakan bagian dari upaya Polres Batu dalam mendukung suksesnya Pilkada 2024 yang aman, damai, dan demokratis. Sebagai penegak hukum di Kota Batu mereka berkomitmen untuk terus melakukan berbagai kegiatan serupa di sekolah-sekolah lainnya. Diharapkan langkah ini akan mampu menciptakan pemilih yang cerdas dan bertanggung jawab. [nas.fen]

Berita Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Follow Harian Bhirawa

0FansLike
0FollowersFollow
0FollowersFollow
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Berita Terbaru

spot_imgspot_imgspot_img