28 C
Sidoarjo
Thursday, September 19, 2024
spot_img

Pemkab Sampang Target Peningkatan IPS

Sampang, Bhirawa.
Untuk mengukur capaian kemajuan penyelenggaraan statistik sektoral, Pemkab Sampang melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) menerima visitasi lapangan EPSS, dan berupaya meningkatkan Indeks Pembangunan Statistik (IPS). Jum’at (19/7).

Hadir dalam kesempatan tersebut Kepala BPS Kota Mojokerto Mimik Nurjanti, Kepala BPS, Kepala BPS Kabupaten Sampang Agus Puji Raharjo, Perwakilan Bappeda Litbang Sampang, Perwakilan Dinkes Sampang, Perwakilan Diskopindag Sampang.

Visitasi tersebut melibatkan beberapa perangkat daerah diantaranya Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo), Bappeda Litbang, Dinas Kesehatan dan KB serta Diskopindag.

“Harapannya nanti kami sebagai penyelenggara adalah Indeks Pembangunan Statistik di Kabupaten Sampang meningkat, tak lupa juga hasil dari visitasi ini mendapatkan hasil yang kami harapkan,” kata Kepala BPS Kabupaten Sampang Agus Puji Raharjo.

Kepala BPS Kota Mojokerto Mimik Nurjanti juga menyampaikan bahwa tujuan dari Visitasi Evaluasi Penyelenggaraan Statistik Sektoral (EPSS) adalah mewujudkan Satu Data Indonesia (SDI). “Dari nilai EPSS nanti akan muncul nilai dari angka 1 hingga 5, paling tertinggi 5. Harapannya ketika angka itu sudah mendekati 5, maka wilayah itu SDI-nya akan teruji dengan baik,” terangnya.

Sementara itu, Kepala Diskominfo Sampang Amrin Hidayat menyampaikan bahwa evaluasi penyelenggaraan statistik sektoral dilakukan oleh BPS selalu pembina data statistik yang merupakan upaya penguatan tata kelola daya pemerintah untuk menghasilkan data yang akurat.

“Statistik sektoral menjadi backbone pemerintah daerah untuk menghasilkan data dalam rangka perencanaan, kedepan data yang ada selaras sehingga kedepan BPS dan Pemda saling melengkapi,” ungkapnya.

Berita Terkait :  Lansia Non Potensial dapat Rp8 Juta Setahun di Kota Madiun, Ada 216 Penerima Tahun Ini

Penilaian visitasi Tim Penilai Badan (TPB) EPSS Tahun 2024 dilaksanakan dalam rangka mendapatkan gambaran lebih lanjut dari produsen data terkait kegiatan statistik sektoral yang telah berjalan. “Kami berharap agar kunjungan TPB dapat berjalan lancar dan mampu memanfaatkan kegiatan secara maksimal untuk memeroleh gambaran yang lebih detail terkait kegiatan sektoral yang dijalankan oleh Pemerintah Kabupaten Sampang,” tambahnya. [lis.wwn]

Berita Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Follow Harian Bhirawa

0FansLike
0FollowersFollow
0FollowersFollow
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Berita Terbaru

spot_imgspot_imgspot_img