24 C
Sidoarjo
Thursday, September 19, 2024
spot_img

Manfaatkan CSR dan Tanah Kas Desa, Bangun Kandang Komunal Domba Sumbergondo Kota Batu

Suasana acara peletakan batu pertama Pembangunan Kandang Peternakan Domba di Desa Sumbergondo Kota Batu, beberapa waktu lalu.

Kota Batu,Bhirawa.
Inovatif dan kreativitas dibutuhkan Pemerintah Desa (Pemdes) dalam mengelola potensi desanya. Dan hal itu dilakukan dengan baik oleh Pemdes Sumbergondo Kota Batu dalam upaya menyejahterakan kehidupan warganya. Dengan menggandeng pihak swasta, mereka memanfaatkan tanah kas desa untuk membangun perternakan domba untuk membantu roda perekonomian masyarakat.

Kepala Desa Sumbergondo, Hadi Purwanto menjelaskan bahwa pembangunan kandang komunal ini memanfaatkan tanah kas desa yang sebelumnya tidak terpakai. Kebetulan tanah kas ini dekat dengan lokasi TPS3R dimana warga bisa memilah dan memanfaatkan sampah yang bisa digunakan untuk pakan domba.

“Dengan adanya kandang ini diharapkan kelompok tani di Desa Sumbergondo dapat lebih produktif dan mampu meningkatkan perekonomian desa,” ujarnya, Minggu (21/7).

Ia menjelaskan bahwa pihaknya sangat mendukung inisiatif pemanfaatan tanah kas desa ini. Dan dengan adanya kandang domba maka kelompok tani di des ini akan memiliki kegiatan produktif dan berkelanjutan. Dan diharapkan program ini bisa menjadi stimulan bagi peningkatan ekonomi masyarakat Desa Sumbergondo.

Dalam pembangunan kandang, Pemdes Sumbergondo berkolaborasi dengan PT United Tractors Tbk (UT). Pembangunan ini merupakan bagian dari program Corporate Social Responsibility (CSR) PT United Tractors Tbk yang ingin meningkatkan pemberdayaan ekonomi masyarakat desa.

Berita Terkait :  Jalin Kebersamaan dengan Warga Koramil 0815/05 Gedeg Intensif Gelar Komsos

Dikatakan Branch Office Head PT United Tractors, Badrun Radhi bahwa program CSR ini tidak hanya fokus pada pemberdayaan masyarakat desa dalam jangka pendek. Tetapi pihaknya juga memiliki tujuan jangka panjang agar peningkatan kualitas kehidupan masyarakat desa bisa lebih optimal.

Dalam program sebelumnya, PT United Tractors juga telah menjalin kerjasama dengan Pusat Latihan Usaha Terpadu (PLUT) Kota Batu. Perusahaan yang merupakan bagian dari Astra Grup ini memiliki komitmen untuk membantu masyarakat melalui program-program CSR. Di antaranya, program UT Action untuk bencana, UTrees, dan UT Care.

“Kami menargetkan pembangunan kandang komunal domba di Desa Sumbergondo ini bisa terselesaikan pada bulan November,” ujar Badrun.

Diketahui, dimulainya proses pembangunan kandang ditandai dengan prosesi peletakan batu pertama oleh Pj Wali Kota Batu, Aries Agung Paewai pada Kamis (18/7). Saat itu hadir dalam peletakan batu pertama Kepala Desa Sumbergondo Hadi Purwanto, Branch Office Head PT United Tractors Badrun Radhi, serta perwakilan dari Danramil Bumiaji, dan Polsek Bumiaji.

Pj Wali Kota Batu, Aries Agung Paewai dalam arahannya memberikan apresiasi terhadap kepedulian PT United Tractors atas upaya pengembangan perekonomian masyarakat pedesaan. Iapun menyatakan pentingnya keterlibatan swasta dalam pembangunan masyarakat melalui CSR.

Keterlibatan swasta sangat ditunggu-tunggu dalam upaya pembangunan masyarakat. Desa Sumbergondo memiliki potensi besar yang tidak disia-siakan, termasuk dalam pengelolaan sampah yang bisa menjadi pakan ternak.

Berita Terkait :  Penyakit Cacar Monyet Jadi Perhatian Pemkab Malang

“Kami berharap proyek ini bisa berkesinambungan dan membawa manfaat yang besar bagi masyarakat,” kata Aries AP.

Iapun berharap agar niatan baik ini terus dilanjutkan untuk kesejahteraan masyarakat. Dekatnya lokasi kandang denga TPS3R, kebutuhan pakan ternak dapat lebih mudah terpenuhi. Dan diperkirakan keberadaan kandang ini akan mampu menarik banyak kunjungan setelah selesai dibangun.(nas.hel)

Berita Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Follow Harian Bhirawa

0FansLike
0FollowersFollow
0FollowersFollow
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Berita Terbaru

spot_imgspot_imgspot_img