29 C
Sidoarjo
Sunday, July 21, 2024
spot_img

Simesi Resmi Menjadi Maskot KPU Situbondo untuk Pilkada Serentak 2024

Situbondo, Bhirawa
Jajaran Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Situbondo meluncurkan maskot dan jingle untuk pilkada serentak 2024, Jumat malam (29/6). Peluncuran tersebut berlangsung di Alun-Alun Kota Situbondo.

Ketua KPU Kabupaten Situbondo, Hadi Prayitno mengatakan, untuk maskot pilkada serentak 2024, diberi nama Simesi (Si Merak Situbondo). “Dengan maskot ini kami berharap bisa menarik partisipasi masyarakat untuk bersama-sama menyukseskan pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur serta pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Situbondo yang diselenggarakan pada tanggal 27 November 2024 mendatang,” tutur Hadi.

Untuk jingle, lanjut mantan wartawan itu, KPU Situbondo menggunakan pilkada Situbondo E Ate Ayem Tentrem. “Jingle ini sebagai bentuk ajakan kami kepada masyarakat untuk terlibat aktif dalam Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur serta Bupati dan Wakil Bupati Situbondo Tahun 2024, sehingga pesta demokrasi tersebut berjalan dengan aman, tertib dan lancar,” tambah Hadi.

Lebih lanjut mantan aktivis PMII Jember itu mengungkapkan, saat ini, tahapan pilkada serentak 2024 sudah memasuki tahap pencocokan dan penelitian (coklit) yang dilakukan oleh pantarlih dalam pemutakhiran data pemilih. “Nanti ada petugas pantarlih yang datang ke setiap rumah bapak-ibu semuanya untuk melakukan coklit,” tegasnya.

Oleh karena itu, kata Hadi, KPU Situbondo mengajak kepada seluruh elemen masyarakat, lembaga eksekutif, legislatif, yudikatif, organisasi kemasyarakatan, organisasi pemuda, organisasi keagamaan, insan pers, tokoh agama untuk bersama-sama ikut menyukseskan pilkada serentak 2024.

Berita Terkait :  Pemkot Surabaya Ajukan Kenaikan PAD 2025 Rp 1,2 Triliun

“Dalam pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur serta pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Situbondo tahun 2024 akan terjadi perbedaan pilihan. Namun demikian, kita boleh beda pilihan tetapi kita harus tetap mempererat tali persaudaraan dan terus belajar menghargai perbedaan pilihan tersebut. Hindari provokasi-provokasi dari orang yang tidak bertanggungjawab dalam kontestasi pemilukada ini,” pinta Hadi.

Selain itu, Hadi juga mengajak kepada jajaran Ad Hoc KPU Situbondo untuk bekerja secara profesional yang mengacu pada peraturan dan perundang-undangan yang berlaku. “Teman-teman Ad Hoc KPU Situbondo juga harus berpegang teguh pada kode etik penyelenggara pemilu,” pungkas Hadi.

Sementara itu, Kepala Divisi Perencanaan dan Logistik KPU Jatim, Miftahur Rozaq sangat mengapresiasi langkah Pemkab Situbondo yang telah berpartisipasi dan memberikan dukungan anggaran untuk pelaksanaan pilkada Situbondo 2024.

“Nilai dukungan anggaran dari Pemkab Situbondo sebesar Rp 36 miliar ini bukan angka yang sedikit. Dukungan anggaran Pemkab Situbondo merupakan wujud konkrit dan komitmen yang tinggi terhadap proses pelaksanaan pemilukada serentak ini. Atas dasar itu, kami atas nama Ketua KPU Jatim menyampaikan apresiasi yang tidak terhingga,” tegas Miftahur Rozak.

Informasi yang berhasil dihimpun Bhirawa menyebutkan, acara peluncuran maskot dan jingle KPU Situbondo ini dihadiri oleh Wakil Bupati Situbondo Nyai. Khoirani, jajaran Forkopimda, Pimpinan parpol, anggota PPK, PPS, Pantarlih dan ribuan masyarakat Kota Santri Pancasila Situbondo. [awi.gat]

Berita Terkait :  Kukuhkan MPC PP Lamongan, La Nyalla Minta Jalin Sinergitas dengan Pemkab

Berita Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Follow Harian Bhirawa

0FansLike
0FollowersFollow
0FollowersFollow
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Berita Terbaru