28 C
Sidoarjo
Friday, December 5, 2025
spot_img

Hanya 16% Penginapan Kecil yang Fokus Memikat Tamu Baru

Dalam keseharian mengelola akomodasi, pelaku usaha kerap dihadapkan pada pilihan antara mencari tamu baru dan menjalankan operasional harian. Studi terbaru SiteMinder, platform akuisisi tamu dan revenue management hotel terkemuka di dunia, mengungkapkan bahwa hanya 16% bisnis penginapan kecil secara global yang lebih banyak mengalokasikan waktu untuk menarik tamu baru dan meningkatkan pemesanan. Sebaliknya, hampir setengah (49%) lebih fokus pada pekerjaan operasional harian.

Studi SiteMinder yang membedah tantangan sektor akomodasi berskala kecil, juga menemukan bahwa 53% pemilik penginapan kecil sebenarnya ingin lebih fokus pada akuisisi tamu, meski kenyataannya mereka masih terjebak dalam tugas-tugas manajemen properti. Dua dari lima (40%) menyebut ‘kurangnya pengetahuan’ sebagai hambatan utama dalam mengadopsi teknologi yang dapat membantu mendatangkan lebih banyak tamu. Sementara itu, hampir sepertiga (29%) masih menerapkan harga kamar statis, dengan tidak pernah menyesuaikan tarif atau hanya melakukannya sekali dalam setahun.

Sejalan dengan temuan tersebut, SiteMinder memperkenalkan generasi terbaru Little Hotelier, platform all-in-one yang membuka akses bagi penginapan kecil untuk memanfaatkan teknologi distribusi dan revenue canggih yang sebelumnya hanya bisa dinikmati oleh properti berskala besar.

Dari diskusi kami dengan para penyedia akomodasi, benar bahwa operasional harian seperti check-in tamu dan koordinasi housekeeping tetap krusial, namun hal tersebut seharusnya tidak menghambat pertumbuhan pemesanan. Mengelola akomodasi yang lebih baik kini berarti memberikan tools yang membuat hotelier dapat bekerja lebih cerdas, bukan lebih keras untuk menghadirkan pengalaman yang luar biasa untuk tamu sambil menyederhanakan sistem untuk menarik pemesanan baru.

Berita Terkait :  Sungai Welang Meluap, Pantura Pasuruan Lumpuh 7 Jam Lebih

Di Indonesia, akomodasi non-hotel mencakup 85% sektor akomodasi, dengan guesthouse, hostel, dan homestay mengambil porsi lebih besar dibandingkan hotel berbintang. Kehadiran mereka membantu pariwisata menjadi lebih inklusif dan autentik karena dekat dengan komunitas lokal. Didukung oleh teknologi terpercaya SiteMinder, Little Hotelier juga hadir dengan keamanan, support 24/7, serta akses ke jaringan global mitra ahli yang membantu penginapan kecil membangun keahlian dan mengembangkan bisnisnya.

Kiki Rizki Larasati
Media relation magnifique indonesia

Berita Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Follow Harian Bhirawa

0FansLike
0FollowersFollow
0FollowersFollow

Berita Terbaru