27 C
Sidoarjo
Wednesday, December 17, 2025
spot_img

Tumbuhkan Ekonomi Digital Daerah, IM3 dan Dinas Koperasi, UKM dan Perdagangan Surabaya Gelar Pelatihan UMKM

Surabaya, Bhirawa
Membekali para pelaku UMKM dengan pengetahuan dan keterampilan yang dibutuhkan guna mengembangkan bisnis UMKM secara digital melalui platform digital. Indosat Ooredoo Hutchison (Indosat atau IOH), melalui brand IM3 dan Dinas Koperasi Usaha Kecil & Menengah dan Perdagangan (Dinkopumdag) Kota Surabaya menginisiasi program pelatihan aplikatif bagi para pelaku UMKM di bawah binaan Dinkopumdag dengan tema “Indosat impow3ring UMKM: UMKM Go Digital” di Kantor Indosat Kayoon, Kamis (21/8).

“Kami percaya bahwa penguasaan media sosial menjadi salah satu faktor yang signifikan terhadap pertumbuhan usaha para pelaku UMKM guna meningkatkan daya saing dan menjangkau target pasar yang lebih luas. Surabaya memiliki potensi yang sangat besar terhadap hal ini, untuk itu IM3 hadir dengan kontribusi kegiatan yang memiliki dampak nyata melalui sebuah pelatihan yang dapat memberikan wawasan baru bagi para pelaku UMKM,” terang EVP Head of Circle Java Indosat Ooredoo Hutchison, Fahd Yudhanegoro.

Fahd menambahkan selain itu IM3 turut mendukung dengan pengembangan infrastruktur jaringan Indosat yang lebih luas dan stabil. Kami harap inisiatif ini tidak hanya dapat meningkatkan daya saing pelaku UMKM, tetapi juga berkontribusi pada pergerakan roda ekonomi masyarakat di Surabaya secara jangka panjang.

Menurut Fahd kegiatan ini memang yang pertama kali di Jawa Timur, sebelumnya ada kegiatan juga seperti ini tapi lebih ke khusus UMKM perempuan. “Ini kita kembangkan lagi menjadi UMKM yang lebih umum dan ini akan diselenggarakan di 12 Cabang kami yang ada di Jawa Timur Kemudian untuk segmennya kita memang menyasar UMKM pusat sesudah menengah. Supaya lebih terdigitalisasi jadi lebih lebih dalam mengemas produk kemudian melakukan pemasaran digital seperti itu tentunya kalau dengan adanya pelatihan-pelatihan akan lebih terarah dan tentunya UMKM bisa lebih percaya diri untuk menjangkau pasar yang lebih luas dan lebih kreatif,” jelasnya.

Berita Terkait :  Viral Siswi SMP Kota Malang di Bully Lima Rekannya Tiga Hari Berturut-turut

Sementara itu, mengutip data dari Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Jawa Timur mengungkap bahwa ada 4,6 juta usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di Jawa Timur yang sudah melek digital, termasuk yang berasal dari Kota Surabaya dan sekitarnya.

Data Badan Pusat Statistik (BPS) 2024 juga menunjukkan bahwa Jawa Timur menyumbang 25% terharap perekonomian di Pulau Jawa, kedua setelah Jakarta. Potensi pertumbuhan UMKM yang ada di Jawa Timur ini, khususnya dari Kota Surabaya, mendorong IM3 dan Dinkopumdag Kota Surabaya untuk berkolaborasi dan menggelar pelatihan digital untuk UMKM lokal Surabaya.

Acara yang berlangsung selama satu hari ini menghadirkan sejumlah narasumber ahli di bidangnya mulai dari Patricia Monica Content Creator & Social Media Mayasi yang bicara soal peningkatan nilai produk, Hodo Purwoko Digital Brand Engagement Strategy IM3 yang membawakan topik optimasi AI dan Instagram hingga Gracella Melody Branch Marketing Executive IM3 yang berbagi tentang optimasi TikTok Shop yang efektif.

Sekretaris Dinas Koperasi Usaha Kecil & Menengah dan Perdagangan Kota Surabaya, M. Awaludin Arief, ST., MMT, turut menyampaikan dukungan terhadap inisiatif IM3 yang memberikan pembekalan kepada para pelaku usaha di Surabaya.

“Kami mengapresiasi IM3 yang telah berkontribusi secara aktif dalam membantu UMKM beradaptasi di era digital ini. Kolaborasi kami dengan IM3 dalam pelatihan ini menjadi langkah nyata dalam mendukung transformasi digital UMKM di Jawa Timur, khususnya di Surabaya. Melalui sinergi antara sektor swasta dan pemerintah provinsi Surabaya seperti hari ini, kami yakin UMKM akan mendapat pemahaman secara menyeluruh tentang kekuatan media sosial dalam mencapai target pasar yang lebih luas dan meningkatkan visibilitas usaha mereka,” paparnya.

Berita Terkait :  FK3I Kecam Lima Nahdliyin Temui Presiden Israel

Untuk dapat mempraktikkan langsung penggunaan media sosial, AI, dan e-commerce dalam memasarkan produk yang mereka jual, selama pelatihan para peserta juga menjajal langsung produk unggulan Indosat yaitu HiFi Air 75GB.

Harapannya bentuk dukungan ini juga dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan konektivitas digital para pelaku UMKM di Surabaya dengan lebih maksimal. Dengan hadirnya pelatihan ini semakin menunjukan upaya nyata IM3 dalam menjalankan komitmen untuk memberdayakan UMKM dan memperkuat dampak dari kehadiran brand IM3 di Jawa Timur. Melalui produk dan jaringan unggulnya, IM3 juga terus berupaya menjadi mitra terpercaya bagi para pelaku UMKM dalam menghadapi tantangan dan memanfaatkan peluang dalam era digital.[riq.ca]

Berita Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Follow Harian Bhirawa

0FansLike
0FollowersFollow
0FollowersFollow

Berita Terbaru